Penggunaan Strategi Pembelajaran Berorientasi HOTS Dalam Kurikulum 2013 Masa Pandemi Di MI Inayatur Rohman Curahongko Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Sibaweh, Imam (2021) Penggunaan Strategi Pembelajaran Berorientasi HOTS Dalam Kurikulum 2013 Masa Pandemi Di MI Inayatur Rohman Curahongko Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Other (thesis)
IMAM SIBAWEH_T20164087.PDF

Download (15MB)

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk mengajari peserta didik berpikir. Peserta didik harus ditekankan pada keterampilan berpikir. Peserta didik harus diarahkan agar dapat berpikir kritis, berpikir tingkat tinggi dan mandiri dalam kegiatan pembelajaran. Pemerintah mengharapkan para peserta didik mencapai berbagai kompetensi dengan penerapan HOTS atau Keterampilan Bepikir Tingkat Tinggi. Pembelajaran di MI Inayatur Rohman Curahnongko telah menggunakan kurikulum 2013 dan sebagian gurunya meskipun di masa pandemi Covid-19 telah menerapkan pembelajaran berorientasi HOTS pada siswanya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Penggunaan Strategi Pembelajaran Berorientasi HOTS Dalam Kurikulum 2013 Masa Pandemi di MI Inayatur Rohman Tahun Pelajaran 2021/2022? (2) Bagaimana Hasil Penggunaan Strategi Pembelajaran Berorientasi HOTS Dalam Kurikulum 2013 Masa Pandemi di MI Inayatur Rohman Tahun Pelajaran 2021/2022? Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Analisis data ini meliputi kegiatan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data ( Data Display), Penarikan Kesimpulan dan Verivikasi (conclussion drawing/ verivication). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Penggunaan strategi pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam kurikulum 2013 masa pandemi di MI Inayatur Rohman, yaitu: Menentukan tujuan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran, mempersiapkan mental peserta didik, pemberian kegiatan rutin yang positif, serta memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar tentang materi pembelajaran. 2) Hasil yang dicapai dalam penggunaan strategi pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam kurikulum 2013 masa pandemi di MI Inayatur Rohman, yaitu meningkatkan keaktifan siswa, peningkatan prestasi siswa, mampu membangun jiwa sosial, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif, peningkatan kepercayaan diri siswa, strategi guru dalam pembelajaran bervariasi, tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:03
Last Modified: 14 Nov 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29392

Actions (login required)

View Item View Item