PERANAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN OTONOMI DESA PERSPEKTIF UU NO. 6 TAHUN 2014 DI DESA KENCONG, KENCONG, JEMBER

Meisella, Nurmalasari (2023) PERANAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN OTONOMI DESA PERSPEKTIF UU NO. 6 TAHUN 2014 DI DESA KENCONG, KENCONG, JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Meisella Nurmalasari_S20193002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Kepala Desa, Otonomi Desa, dan UU No. 6 Tahun 2014
Setelah lahirnya UU No.6 Tahun 2014, telah memberikan kesempatan kepada desa untuk melaksanakan otonomi desa. Otonomi desa adalah kewenangan dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. Dalam pelaksanaan pemerintahan desa, suatu desa dipimpin oleh Kepala Desa. Sesuai dengan UU No.6 Tahun 2014 mengatur peran utama Kepala Desa. Maka dari itu problem yang ditemukan oleh penulis di antaranya : Pertama, pencapaian atau kinerja Kepala Desa Kencong belum optimal dalam menjalankan tugas kepala pemerintahan desa. Kedua, dalam penyelenggaraan pemerintahan masih banyak kekurangan. Ketiga, sangat minimnya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan oleh pemerintahan desa.
Adapun fokus penelitian yang akan dibahas adalah : 1) Bagaimana peranan Kepala Desa Kencong kecamatan Kencong kabupaten Jember dalam pelaksanaan otonomi desa perspektif UU No. 6 Tahun 2014 ? 2) Apa saja faktor penghambat dan solusi Kepala Desa Kencong dalam melaksanakan dan mewujudkan otonomi desa yang ideal ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menganalisis peranan Kepala Desa Kencong kecamatan Kencong kabupaten Jember dalam pelaksanaan otonomi desa perspektif UU No. 6 Tahun 2014. 2) Menganalisis faktor penghambat dan solusi Kepala Desa Kencong dalam melaksanakan dan mewujudkan otonomi desa yang ideal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris, sedangkan pendekatan penelitian ini yakni menggunakan pendekatakan Perundangan-Undangan dan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Analisi data menggunakan pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan keikutsertaan peneliti, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Peranan Kepala Desa dalam rangka pelaksanaan otonomi desa di desa Kencong perspektif UU No.6 Tahun 2014 masih belum maksimal diantaranya belum optimalnya prestasi atau kinerja Kepala Desa Kencong dalam menjalankan tugasnya dan masih minimnya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa. 2) Hambatan dalam melaksanakan peranan Kepala Desa Kencong adalah rendahnya partisipasi masyarakat desa dan rendahnya sumber daya manusia dalam hal ini aparatur desanya. Solusinya dalam mengatasi hambatan- hambatan tersebut yaitu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dengan cara yakni lebih masifnya komunikasi dan pendekatan ke masyarakat, untuk meningkatkan sumber daya manusia yakni dengan memaksimalkan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Meisella Nurmalasari Meisella
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:25
Last Modified: 16 Nov 2023 03:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29394

Actions (login required)

View Item View Item