Pengaruh kualitas pelayanan enrollment dan aplikasi otentikasi taspen terhadap pengambilan dana pensiun di PT Bank Mandiri Taspen KC Jember

Febiani, Tria Fatna (2023) Pengaruh kualitas pelayanan enrollment dan aplikasi otentikasi taspen terhadap pengambilan dana pensiun di PT Bank Mandiri Taspen KC Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tria Fatna Febiani_E20191139.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Bertepatan pada awal bulan sejumlah pensiunan tidak bisa mengambil dana pensiunnya melalui ATM. Hal tersebut disebabkan para pensiunan belum melakukan enrollment maupun otentikasi. Para pensiunan diwajibkan melakukan otentikasi berkala melalui smartphone. Namun proses otentikasi tersebut kerap gagal dilakukan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan enrollment dan aplikasi otentikasi taspen berpengaruh terhadap pengambilan dana pensiun di PT Bank Mandiri Taspen KC Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan enrollment dan aplikasi otentikasi taspen terhadap pengambilan dana pensiun di PT Bank Mandiri Taspen KC Jember.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang diikuti oleh 98 orang responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan alat uji regresi sederhana dan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji determinasi.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan enrollment dan aplikasi otentikasi taspen terhadap pengambilan dana pensiun di PT Bank Mandiri Taspen KC Jember. Dimana kualitas pelayanan ditentukan oleh lima dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati.
Kata kunci: kualitas pelayanan enrollment; aplikasi otentikasi taspen; pengambilan dana pensiun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Tria Fatna Febiani
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:06
Last Modified: 14 Nov 2023 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29396

Actions (login required)

View Item View Item