MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL AMIRIYYAH BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hidayati, Ni'matul (2020) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL AMIRIYYAH BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
NI’MATUL HIDAYATI_0849117034.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan, Kurikulum. Pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan kurikulum agar menghasilkan rencana kurikulum yang luas dan spesifik. Masalah yang akan dijadikan laporan ini adalah masalah manajemen pengembangan kurikulum. Usaha pengembangan kurikulum diperlukan suatu keahlian manajerial dalam arti kemapuan merencanakan, mengorganisasi, mengelola dan mengontrol kurikulum. Fokus: 1) Bagaimana perencanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahunpelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangitahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelelitian untuk mendeskripksikan: 1) Perencanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020, 2) Pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020, 3) Evaluasi pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Robin Fogarty tentang mengintegrasikan kurikulum harus sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, condensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya dengan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan meliputi triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini:1) perencanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi berupa merumuskan tujuan kurikulum, merencanakan isi kurikulum, merancang aktifitas atau kegiatan belajar.2) Pelaksanaan pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi berupa pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah, pelaksanaan kurikulum tingkat kelas.3) Evaluasi pengembangan kurikulum di MTs Al Amiriyyah Blokagung Tegalsari Banyuwangi berupa Internal evaluation (evaluator internal) dan Eksternal evaluation (evaluator eksternal)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:57
Last Modified: 14 Nov 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29399

Actions (login required)

View Item View Item