MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA DOSEN (Studi Kasus Di Institut Agama Islam Al Falah Assunniyah (INAIFAS) Kencong Jember)

ROMLI, MUHAMMAD (2021) MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA DOSEN (Studi Kasus Di Institut Agama Islam Al Falah Assunniyah (INAIFAS) Kencong Jember). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ROMLI_0849118056.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Kualitas, Sumber Daya, Dosen Salah satu aspek terpenting yang perlu mendapatkan perhatian untuk menjawab tantangan zaman adalah sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memiliki daya saing global, oleh karenanya kontribusi sumber daya manusia dinilai sangat signifikan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Namun demikian, guna mencapai visi dan misi lembaga pendidikan perlu suatu system manajemen sumber daya manusia yang baik, diantara lain : system rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan, kompensasi. Adapun fokus penelitian yang dikaji yaitu: Bagaimana Manajemen rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan, kompensasi Pendidik di Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyah (INAIFAS) Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya studi kasus (Study Casus ), Teknik pengumpulan data yang di gunakan ( 1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif Miles Huberman dan Saldana dengan langkahlangkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan.Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil penelitian yaitu 1)Sumber rekrutmen berasal dari sumber internal dan ekstemal yang sesuai kualiflkasi yang dibutuhkan. Sumber internal dari alumni Institut Agama Islam Alfalah Assunniyah Kencong Jember. Sedangkan sumber eksternal adalah dari kalangan pelamar, tokoh masyarakat dan dosen perguruan tinggi sekitar. Standart untuk menjadi tenaga pendidik dan kependidikan perguruan tinggi Islam yang paling penting adalah kemampuan akademisi, keagamaan dan komitmen pengabdian, dan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan. 2)Seleksi dosen di seleksi sesuai dengan kebutuhan fakultas di lembaga. Keputusan seleksi ada pada pimpinan atas atau yayasan dengan melalui diskusi. Keputusan seleksi sangat tergantung pada hasil diskusi bersama yayasan yaitu penilaian yang disesuaikan dengan kualiflkasi kebutuhn dosen 3). Pengembangan dan pembinaan dosen yang harus selalu dikembangkan adalah keilmuan, kualifikasi dan komptensi. Seorang dosen harus selalu mengupgrade keilmuan yang mereka miliki, karena dosen merupakan agen pembelajaran dan suri tauladan bagi peserta didiknya. Pengembangan guru/ dosen dilakukan secara personal maupun sesuai kebutuhan melalui pelatihan-pelatihan baik yang diselenggarakan oleh akademis ataupun pemerintah setempat, program study lanjut, diskusi keilmuan, workshop, forum kajian dengan para dosen senior. Pengembangan dan pembinaan terhadap dosen terdapat pembinaan kerohanian yaitu pengajian dan istigosah dengan para ulama. Pembinaan tenaga pendidik dan v kependidikan sesuai kebutuhan urgensi yang difasilitasi oleh pihak akademis. Program pengembangan keilmuan dosen juga dilakukan melaui pembuatan karya tulis ilmiah seperti buku dan jumal. Pembinaan dilakukan melalui forum diskusi dosen, rapat rutin dengan pimpinan yang dselenggarakan setiap semester dan evaluasi sumber daya manusia.,4) Kompensasi yang diberikan di INAIFAS berupa finansial langsung (direct financial compensation), finansial tidak langsung (indirect financial compensation) dan non finansial (non finansial compensation).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:57
Last Modified: 14 Nov 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29400

Actions (login required)

View Item View Item