ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBULATAN TIMBANGAN PADA AKAD JUAL BELIKELAPA SAWIT (Study Kasus Peron Sawit Roket Mandiri Desa Sungai Kuning Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat)

Putra, Moch Ari Kholid Mandala (2023) ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBULATAN TIMBANGAN PADA AKAD JUAL BELIKELAPA SAWIT (Study Kasus Peron Sawit Roket Mandiri Desa Sungai Kuning Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Sidiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Moch. Ari Kholid Mandala Putra WM.pdf

Download (5MB)

Abstract

MOCH. ARI MANDALA PUTRA, 2023. Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pembulatan Timbangan Pada Akad Jual Beli Kelapa Sawit(Study kasus Peron Sawit Roket Mandiri Desa Sungai Kuning Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat).
Kata Kunci : Hukum ekonomi syariah, jual beli sawit, pembulatan timbangan.

Seiring perkembangan peradaban manusia, terdapat banyak sekali fenomena transaksi yang perlu dikaji secara ilmiah menggunakan perspektif hukum ekonomi syariah. Salah contoh kasusnya adalah pembulatan timbangan pada akad jual beli kelapa sawit di Peron Sawit Roket Mandiri Desa Sungai Kuning Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kotawaringin Barat. Penelitian ini dilakukan guna mengungkap praktek pembulatan jual beli kelapa sawit di Peron Sawit Roket Mandiri Desa Sungai Kuning dan bagiamana hasilnya bila ditinjau berdasarkan persepktif hukum ekonomi syariah.
Fokus penlitian yang dipillih pada penelitian ini, 1). Bagaimana praktek pembulatan timbangan pada akad jual beli kelapa sawit di peron sawit Rocket Mandiri?;Bagaimana hasil analisis hukum ekonomi syariah terhadap praktek pembulatan Timbangan pada akad jual beli peron sawit Rocket Mandiri?.
Tujuan penelitian pada konteks: 1). Untuk mengetahui bagaimana praktek pembulatan timbangan pada akad jual beli kelapa sawit di peron Roket Mandiri; 2).Untuk mengetahui hasil analisis hukum ekonomi syariah terhadap praktek pembulatan timbangan pada akad jual beli kelapa sawit di peron Roket Mandiri.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualittatif dengan jenis yuridis empiris. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Metode menganalisis data menggunakan metode milles Huberman dengan tiga tahapan: reduksi data, penyajian data dan analisis, penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data yang dipergunakan adalah metode triangulasi, yang secara spesifik menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1). Bahwa praktik pembulatan timbangan pada akad jual beli kelapa sawit peron roket mandiri adalah dengan cara mengurangi ataupun menambahkan terhadap hasil timbangan dalam satuan ons.2). Bahwa praktek pembulatan timbangan pada akad jual beli sawit di Peron Rocket Mandiri di Desa Sungai Kuning berdasarkan analisis Hukum Ekonomi Syariah secara umum sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli dengan beberapa catatan penting yakni bahwa jual beli sawit tersebut yang menggunakan sighat muatho’ dalam praktek transaksinya dan kebiasaan pembulatan yang dilakukan pada bisnis jual beli kelapa sawit peron Roket Mandiri disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: a) terdapat unsur gharar ringan;b). Timbulnya perbuatan dhalim yang tidak disadari;c). Tidak terdapat unsur Musawa dan prinsip kejujuran dan kebenaran dalam transaksinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180101 Aboriginal and Torres Strait Islander Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180102 Access to Justice
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180112 Equity and Trusts Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Arie Hidayat
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:02
Last Modified: 14 Nov 2023 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29414

Actions (login required)

View Item View Item