IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang)

MUZAKKI IMRON, AHMAD (2021) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Petahunan Sumbersuko Lumajang). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
AHMAD MUZAKKI IMRON_ 0849316017.pdf

Download (21MB)

Abstract

Kata Kunci : Implementasi, Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al Qur’an. Metode Yanbu’a merupakan salah satu Metode pembelajaran Al Qur’an yang sangat menekankan dalam membaca Al Qur’an dengan Tartil, pelafalan huruf-huruf Al Qur’an sesuai Makhorijul Huruf, dan sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid (Mujawwad). Fokus Penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan Tartil dalam membaca Al Qur’an? (2) Bagaimana implementasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan Fashohah dalam membaca Al Qur’an (3) Bagaimana Implementasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan penguasaan Ilmu Tajwid. Tujuan pada penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan implementasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan Tartil dalam membaca Al Qur’an. (2) Mendeskripsikan implemenatsi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan Fashohah dalam membaca Al Qur’an. (3) Mendeskripsikan implementasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan penguasaan Ilmu Tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subyek Penelitian adalah Pengasuh, Ustadzah dan santri-santri di Pondok Pesantren Putri Darun Najah Lumajang. Metode pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Serta teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1). Implementasi Metode Yanbu’a yaitu (a). Ustadzah memberikan contoh cara membaca Ta’awudz, Basmalah, Al Fatihah, surah-surah pendek, lafadz Tahiyyat Akhir, ayat-ayat Al Qur’an dengan Tartil menggunakan nada lagu khas Metode Yanbu’a dengan intonasi perlahan-lahan. (b). Santri memprakekkan contoh bacaan Ustadzah. 2). Implementasi Metode Yanbu’a yaitu (a). Ustadzah memberikan contoh cara membaca Ta’awudz, Basmalah, Al Fatihah, surah-surah pendek, lafadz Tahiyyat Akhir, ayat-ayat Al Qur’an dengan fashih sesuai dengan Makhorijul Hurufnya. (b). Santri mempraktekkan contoh bacaan Ustadzah. 3). Implementasi Metode Yanbu’a yaitu (a). Ustadzah memberikan contoh cara membaca Ta’awudz, Basmalah, Al Fatihah, surah-surah pendek, lafadz Tahiyyat Akhir, ayat-ayat Al Qur’an sesuai dengan Kaidah Ilmu Tajwidnya. (b). Santri mempraktekkan contoh bacaan Ustadzah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:00
Last Modified: 14 Nov 2023 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29416

Actions (login required)

View Item View Item