أثر تعليم املفردات يف إتقان مهارة الكالم يف املعه نور العلوم اإلسالمي اتفني بون وسو

إمامة النساء, نور (2020) أثر تعليم املفردات يف إتقان مهارة الكالم يف املعه نور العلوم اإلسالمي اتفني بون وسو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
نور إمامة النساء_8071204804.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Kosa Kata, Keterampilan Berbicara Pembelajaran bahasa Arab di lembaga pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi memungkinkan siswa idealnya menguasai empat keterampilan bahasa, keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Pembelajaran bahasa tidak lepas dari apa yang disebut dengan pembelajaran kosa kata, karena pembelajaran kosa kata merupakan salah satu elemen terpenting dalam pembelajaran bahasa itu sendiri. Meskipun terdapat banyak perbedaan pendapat tentang arti bahasa dan tujuan pengajaran, namun semuanya tetap sepakat bahwa pengajaran kosa kata berperan penting dalam menunjang keterampilan berbahasa. Kosa kata merupakan sekumpulan kata yang membentuk suatu bahasa. Peran kosa kata dalam menguasai empat kemahiran berbahasa sangat diperlukan, kemampuan seseorang umtuk memahami empat kemahiran berbahasa tersebut sangat bergantung pada penguasaan kosa kata yang dimiliki Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu sejauh manakah pengaruh pembelajaran kosakata terhadap penguasaan keterampilan berbicara di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso? Sedangkan sub Rumusan Masalah yaitu a) sejauh manakah pengaruh pembelajaran kosakata terhadap penguasaan Muhadatsah di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso? b) sejauh manakah pengaruh pembelajaran kosakata terhadap penguasaan Ekspresi Lisan di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso? sejauh manakah pengaruh pembelajaran kosakata terhadap penguasaan di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso? Tujuan dalam penelitian ini ada dua bagian yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum yaitu untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh pembelajaran kosakata terhadap penguasaan keterampilan berbicara di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso. Dan tujuan khusus: a) Untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh pembelajaran kosakata terhadap penguasaan Muhadatsah di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso. b) Untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh pembelajaran kosakata terhadap penguasaan di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode metode kuantitatif, adapun metode pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan Kesimpulan utama adalah terdapat pengaruh yang kuat antara pembelajaran kosakata terhadap penguasaan keterampilan berbicara di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso dan nilai r hitung = 0,72 pada tabel Tabel Interpretasi 1.2 dalam kategori tinggi /baik. Sub Kesimpulan a) pengaruh yang kuat antara pembelajaran kosakata terhadap penguasaan percakapan di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso dan nilai r hitung = 0,60 pada Tabel Interpretasi 1.2 dalam kategori dapat diterima. B) pengaruh yang kuat antara pembelajaran kosakata terhadap penguasaan ekspresi lisan di Pondok Pesantren Nurul Ulum Tapen Bondowoso dan nilai r hitung = 0,67 pada Tabel Interpretasi 1.2 dalam kategori tinggi / baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:03
Last Modified: 14 Nov 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29422

Actions (login required)

View Item View Item