MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUT TAQWA GRUJUGAN CERMEE BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RAHMAN, ZAINOR (2020) MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUT TAQWA GRUJUGAN CERMEE BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ZAINOR RAHMAN_0849118057.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen kurikulum, Pondok Pesantren, Karakter Santri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran di semua lembaga pendidikan. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Nurut Taqwa Grujugan Cermee yang saat ini mengalami tantangan arus globalisasi dan modernisasi yang menyebabkan desakan untuk beradaptasi dengan tantangan yang ada. Hasil adaptasi pesantren diantaranya ada yang mengubah menjadi pesantren modern yang diikuti oleh perubahan manajemen kurikulum, di sisi lain masih ada pesantren yang mempertahankan kurikulum tradisional. Namun kedua pesantren tetap stabil dan semakin eksis. Dari latar belakang tersebut, merupakan alas an peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Kurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurut Taqwa Grujugan Cermee Bondowoso ? (2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santridi Pondok Pesantren Nurut Taqwa Grujugan Cermee Bondowoso? (3) Bagaimana EvaluasiKurikukulum Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurut Taqwa Grujugan Cermee Bondowosso ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus,, Teknik pengumpulan data yang di gunakan ( 1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkahlangkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triagulasi yang diguakan ada tiga yaitu triagulasi sumber, triangulasi metode dan triagulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kurikulum Pondok Pesantren menghasilkan program kegiatan, strategi mengajar, dan juga sumber dana yang dimasukkan dalam perencanaan kurikulumnya. (2) Pelaksanaan Kurikulum ini dilaksanakan seluruh santri wajib mukim di pondok, mengikuti kegiatan pondok seperti sorogan, syawir sholat berjamaah, pengajian kitab kuning dll. (3) Evaluasi Kurikulum ini dilakukan satu bulan sekali dan juga per semester guna untuk mengevaluasi diri santri seperti tes membaca manaqib secara langsung hal ini untuk mengetahui karakter santri agar kedepanya bisa lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:03
Last Modified: 14 Nov 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29431

Actions (login required)

View Item View Item