ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX ISLAM DALAM PENINGKATAN KINERJA STUDI PADA BAITUL MAL WATTAMWIL (BMT) USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) SIDOGIRI DI KABUPATEN SITUBONDO

IRFAN, MALIKUL (2020) ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX ISLAM DALAM PENINGKATAN KINERJA STUDI PADA BAITUL MAL WATTAMWIL (BMT) USAHA GABUNGAN TERPADU (UGT) SIDOGIRI DI KABUPATEN SITUBONDO. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MALIKUL IRFAN _0839217019.pdf

Download (29MB)

Abstract

Kata Kunci : Marketing Mix. Peningkatan Kinerja. BMT Revolusi Industri 4.0 yang sekarang ini menjadi perbincangan hangat oleh para Praktisi Ekonomi, akdemisi dan pengusaha. Karena mengharuskan bagi para element mempunyai daya saing dari berbagai aspek, sehingga mampu mewujudkan apa yang dicita-citakan. Terutama yang bergerak di bidang usaha Syariah. Seiring dengan berkembangnya dunia Bisnis Syariah, berkembang juga ekonomi makro dan mikro yang beroreintasi pada Syariah Islam, dan berkembang pula Lembaga Keuangan yang syar’i, Lembaga keuangan Islam terdiri dari perbankan (yang terdiri dari bank umum syariah dan bank perkreditan syariah), dan lembaga-lembaga keuangan nonbank yang salah satunya bersifat mikro yaitu Baitul Maal wa Tamwil (Sudarsono, 2009:8). Baitul Maal wat-Tamwil (BMT) beroperasi berdasarkan prinsip syariah yang memiliki fungsi untuk memberdayakan ekonomi umat, dan memiliki fungsi sosial. Dewasa ini, dengan semakin berttumbuh pesatnya BMT, masyarakat mulai melirik untuk menanamkan dana maupun menggunakan jasa BMT. Demi mampu bersaing di era Disrupsi ini, BMT UGT Sidogiri Cabang Situbondo mengharuskan pemusatan perkembangannya pada 7 Poin penting; yaitu product, price, place, promotion, process, people, dan physical evidence .agar mampu bertahan nilai kepercayaan ( Trust ) kepada Masyarakat. Dengan mengkombinasikan sesuai Prinsip Pemasaran Islam Prinsip pemasaran Islam menggabungkan konsep maksimalisasi nilai dengan prinsip 'keadilan' untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih luas.Prinsipprinsip ini menawarkan sarana untuk menciptakan nilai dan meningkatkan taraf hidup masyarakat pada umumnya melalui kegiatan komersial.Pedoman etika Islam menjamin penghormatan, dan kebebasan individu, baik bankir maupun pelanggan. Dari beberapa pembahasan diatas, bisa dikerucutkan menjadi dua Point penting terkait bauran pemasaran Islam dan peningkatan kinerja BMT UGT Sidogiri Cabang Situbondo diantaranya adalah: Produk dan Promosi sehingga Banyaknya Produk yang bisa mengembangkan pada Promosi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:15
Last Modified: 14 Nov 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29433

Actions (login required)

View Item View Item