Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah Jember

In Fatiha, Jihan (2023) Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jihan In Fatiha_T20191031.pdf

Download (6MB)

Abstract

Terjadinya krisis akhlak di negara Indonesia terutama di kalangan pelajar ditandai dengan maraknya pergaulan bebas pada siswa yang membuat siswa melakukan perilaku yang negatif seperti kekerasan atau bullying, rendahnya rasa hormat, menggunakan pakaian yang tidak menutup aurat, dll. Oleh karena itu perlu adanya pendidikan karakter untuk mengatasi krisis akhlak yang terjadi pada kalangan pelajar sekarang ini, yaitu melalui lembaga pendidikan di sekolah. Hal tersebut berlandaskan dengan hukum yang ada di Indonesia yaitu UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan salah satu misi kerasulan Nabi Muhammad SAW yaitu untuk menyempurnakan akhlak para umatnya.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis nilai religius di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah Jember. 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis nilai budaya di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah Jember. 3) Bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah Jember.

Peneliti dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut mengunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dalam menentukan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan analisis data menurut Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu data condensation, data display, dan conclusion. Terakhir, keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber dan metode.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Penerapan pendidikan karakter berbasis nilai religius di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah Jember diterapkan dengan cara menanamkan nilai religius melalui pendekatan kepada siswa dan melalui program-program atau kegiatan yang telah diterapkan di sekolah. 2) Penerapan pendidikan karakter berbasis nilai budaya di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah Jember diterapkan melalui metode pengajaran baik ketika memulai pembelajaran, saat menjelaskan materi, atau pun saat mengakhiri pembelajaran yang dilakukan ketika siswa masuk kelas 10. Kemudian guru juga mendampingi dan mengawasi siswa dalam kegiatan siswa atau ekstrakulikuler yang ada di sekolah. 3) Pelaksanaan kegiatan keagamaan ini diterapkan dengan metode pembiasaan yang dilakukan secara rutin, terprogram, dan dilakukan secara terus menerus dan tentunya dikontrol dan dievaluasi oleh guru-guru yang bersangkutan seperti guru agama atau guru BK. Adapun kegiatan keagamaan yang diterapkan di sekolah, yaitu shalat berjamaah, jumat sedekah, memperingati hari besar Islam, dan ekstrakulikuler hadrah.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jihan In Fatiha
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:08
Last Modified: 15 Nov 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29443

Actions (login required)

View Item View Item