PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BONDOWOSO

Siti, Sunarsih (2023) PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI SUNARSIH 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Sunarsih, 2023 : Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso
Kata kunci : Pengembangan Kompetensi Guru, Prestasi Belajar
Pendidikan yang berkualitas tentunya memerlukan pengembangan kompetensi guru tepat. Hal ini mengacu pada kemampuan yang dimiliki oleh guru, memiliki keterampilan, pengetahuan yang luas serta memiliki perilaku yang baik menjadi cerminan bagi diri guru dan harus dikuasi oleh pendidik dalam melaksanakan tugas keprofesiannya. Sehingga dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan belajar peserta didik.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) bagaimana pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso? 2) bagaimana pengembangan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam mesningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. 2) untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis naratif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan 3 langkah, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trigulasi sumber, trigulasi teknik dan trigulasi waktu.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 2 Bondowoso menggunakan strategi, teknik, motivasi dalam pembelajaran, menyusun pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum, mengidentifikasi karakter dan menanamkan karakter terhadap peserta didik serta menyediakan fasilitas yang mendorong potensi peserta didik. Dalam mengembangkan kualitas pendidik melalui seminar serta workshop serta pelatihan-pelatihan.(2) pengembangan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 2 Bondowoso menggunakan aspek penguasaan materi struktur, konsep dan pola pikir keilmuan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, mengembangkan diri dan kinerja profesional. Dalam mengembangkan kualitas pendidik melalui profesi guru, mengikut sertakan pendidik dalam kegiatan pelatihan-pelatihan, seminar serta workshop.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: cece cece
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:53
Last Modified: 15 Nov 2023 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29444

Actions (login required)

View Item View Item