PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI BAGI GURU KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BONDOWOSO

Nurhabi, Mr (2020) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI BAGI GURU KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BONDOWOSO. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
NURHABI_0849416016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Problematika, Kurikulum 2013 Revisi, dan Guru Kelas Salah satu kebijakan pemerintah Indonesia terkait dengan kurikulum adalah diimplementasikannya Kurikulum 2013. Sejak tahun 2014, Kurikulum 2013 diimplementasikan secara nasional. Aliansi Revolusi Pendidikan yang terdiri dari beberapa forum seperti Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ), Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FGII) juga ikut menyatakan penolakan atas Kurikulum 2013 yang diajukan Kementerian Pendidikan itu. Pada tahun pelajaran 2016/2017 MIN 2 Bondowoso sudah melaksanakan kurikulum 2013 pada seluruh kelas, yakni kelas I, II, III, IV, V dan VI. Implementasi kurikulum 2013 di MIN 2 Bondowoso pada tahun pelajaran 2017-2018 mengalami perubahan atau revisi. Dengan perubahan atau revisi tersebut, terdapat permasalahan atau problem yang dialami guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi. Fokus dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu: 1) Bagaimana problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso?, dan 2). Bagaimana langkah-langkah dalam mengatasi problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan bagaimana problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso, dan 2). Mendiskripsikan langkah-langkah dalam mengatasi problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu wawancara terbuka, observasi langsung dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktive Miles dan Huberman, yaitu: data condensation, data display, and conclution drawing/verification. keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian; 1) problematika implementasi kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso adalah: a. Guru kelas mengalami problem dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan b. Guru kelas mengalami problem dalam penyusunan Laporan Hasil Belajar (Raport) siswa. 2) Langkah yang dilakukan dalam mengatasi problem guru kelas dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah: a. Dengan vi melaksanakan DIKLAT atau mengikuti DIKLAT kurikulum 2013 dan b. Aktif dalam organisasi Kelompok Kerja Guru (KKG). Langkah yang dilakukan dalam mengatasi problem guru kelas dalam penyusunan Laporan Hasil Belajar (Raport) adalah: a. Dengan menggunakan aplikasi Raport dan b. Selalu aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) sehingga bisa saling menambah wawasan guru dan menemukan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi para guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:46
Last Modified: 15 Nov 2023 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29454

Actions (login required)

View Item View Item