IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN HUMANISME RELIGIUS DI SMAN 2 JEMBER

Hikmah, Nurul (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN HUMANISME RELIGIUS DI SMAN 2 JEMBER. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
NURUL HIKMAH_ 0849318012.pdf

Download (29MB)

Abstract

Kata kunci: Humanisme Religius, Pendidikan Agama Islam. Humanisme religius adalah suatu nilai keagamaan yang menempatkan manusia sebagai manusia, serta upaya humanisasi ilmu dengan tetap memperhatikan tanggung jawab hablun minallah dan hablun minan naas. Humanisme religius penting untuk ditumbuhkan dan dikembangkan kedalam karakter peserta didik karena akhir akhir ini dunia pendidikan, khususnya PAI menghadapi banyak masalah, misalnya degradasi moral peserta didik, yang sampai saat ini masih sulit untuk diatasi, seperti acuh terhadap sekitarnya, individualis, dan sebagainya. Problem degradasi moral ini semakin merebak dengan dilatarbelakangi beberapa faktor, misalnya dampak globalisasi yang ada, kecanduan gadget dan sebagainya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana metode Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanisme religius? 2. Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanisme religius? 3. Bagaimana karakter humanis religius peserta didik di SMAN 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan metode Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanisme religius di SMAN 2 Jember. 2. Mendeskripsikan karakter humanis religius peserta didik di SMAN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif dengan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Metode Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanisme religius, meliputi penggunaan metode keteladanan, tanya jawab, diskusi, proyek dan praktik. 2. Karakter humanis religius peserta didik di SMAN 2 Jember: hormat dan patuh kepada pendidik, saling menghargai antar sesama, memiliki motivasi belajar yang tinggi, serta tekun dan sabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:47
Last Modified: 15 Nov 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29456

Actions (login required)

View Item View Item