Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Infografis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023

Agustiandini, Dela Tarisa (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Infografis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DELA TARISA T20199005 WM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa. Rendahnya prestasi siswa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk proses pembelajaran yang masih sangat bergantung pada peran guru serta penggunaan model pembelajaran yang konvensional seperti ceramah dan tanya jawab. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan alternatif seperti media infografis. Media infografis merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membangun keterampilan pemahaman tersebut. Sebuah inovasi terbaru dalam media pembelajaran IPS, media infografis berusaha untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap fakta dan informasi yang ditawarkan dalam infografis. Infografis menggunakan bagan dan grafik untuk menampilkan data, menjelaskan informasi yang sulit, mengungkapkan apa yang tersembunyi, dan membuat informasi lebih mudah dipahami daripada melalui kata-kata. Siswa mampu memahami suatu konsep dan mendefinisikannya dengan merangkum maknanya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 6 Pasuruan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran infografis terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPS di MTs Negeri 6 Pasuruan tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pre-Experimental Design dengan perlakuan one-group pretest-posttest, dimana terdapat perlakuan sebelum menerapkan media infografis dan sesudah menerapkan media infografis, sehingga hasil yang didapat lebih akurat. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 6 Pasuruan tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang diambil dalam penelitian ini adalah memiliki tingkat pemahaman rendah dibanding dengan kelas lain, sulit memahami materi, serta memiliki hasil nilai yang rendah.
Hasil yang diperoleh dari uji Paired Sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000, hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed)< 0,05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun pelajaran 2022/2023. Dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha maka penelitian ini dapat membuktikan kebenaran hipotesis yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 6 Pasuruan Tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Dela Tarisa Agustiandini
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:07
Last Modified: 20 Nov 2023 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29464

Actions (login required)

View Item View Item