PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI SUB MATERI PENGELOLAAN LIMBAH BERBASIS POTENSI WISATA EDUKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR PAKUSARI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI PAKUSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ilmagfiroh, Azmi (2023) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI SUB MATERI PENGELOLAAN LIMBAH BERBASIS POTENSI WISATA EDUKASI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR PAKUSARI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI PAKUSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Azmi Ilmagfiroh T20198139 Tadris Biologi.pdf

Download (56MB)

Abstract

Azmi Ilmagfiroh, 2023: Pengembangan Modul Biologi Sub Materi Pengelolaan Limbah Berbasis Potensi Wisata Edukasi Tempat Pembuangan Akhir Pakusari untuk Siswa Kelas X SMA Negeri Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Modul Biologi, Pengelolaan Limbah, TPA Pakusari

Teknologi dan ilmu pengetahuan semakin tahunnya semakin berkembang pesat, mengharuskan sekolah menyiapkan dan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pendidikan juga harus mengaitkan pembelajaran dengan potensi lokal, hal ini menjadikan siswa semakin mudah dalam memahami materi yang dipelajarinya. Hasil observasi dan wawancara di SMA Negeri Pakusari ditemukan suatu permasalahan pada bahan ajar yang digunakan yaitu belum sesuai dengan kebutuhan siswa dan hanya menggunakan LKS dengan cetakan hitam putih. Bahan ajar yang memuat potensi lokal perlu dikembangkan dikarenakan bahan ajar yang kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan siswa dapat mengoptimalkan proses belajar dan hasil belajar siswa. Tempat pembuangan akhir Pakusari merupakan potensi wisata edukasi yang terdapat di Desa Pakusari Jember. Terdapat beberapa pengelolaan limbah di dalamnya seperti pembentukan gas methan, pemanfaatan limbah organik untuk budidaya maggot, pembuatan pupuk kompos, dan pengelolaan limbah cair. Sehingga keterkaitannya dengan lingkungan lokal yang diharapkan menumbuhkan minat belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui kevalidan modul biologi materi perubahan lingkungan dengan konteks pengelolaan limbah di tempat pembuangan akhir Pakusari utuk siswa kelas X SMA Negeri Pakusari. 2) Mengetahui respon siswa terhadap modul biologi materi perubahan lingkungan dengan konteks pengelolaan limbah di Tempat Pembuangan Akhir Pakusari untuk siswa kelas X SMA Negeri Pakusari. 3) Mengetahui efektivitas modul biologi materi perubahan lingkungan dengan konteks pengelolaan limbah di Tempat Pembuangan Akhir Pakusari untuk siswa kelas X SMA Negeri Pakusari.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Validasi produk dilakukan oleh validator ahli (ahli materi, ahli media, ahli bahasa) dan guru biologi. Uji coba dilakukan kepada 35 siswa kelas X4 SMA Negeri Pakusari Jember.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Modul biologi materi pengelolaan limbah berbasis TPA Pakusari dinyatakan sangat layak digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 88,45%, ahli media sebesar 93,6%, ahli bahasa sebesar 91,6% dan guru biologi sebesar 94,15%. (2) Hasil uji respon siswa terhadap modul biologi didapatkan nilai sebesar 92,47% untuk uji kelompok dan 92,25% untuk uji lapangan dan masuk pada kategori “sangat menarik”. (3) Nilai efektifitas produk diperoleh hasil Uji T-Test dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai N-Gain yaitu 0,54 dengan kriteria efektif. Sehingga modul biologi berbasis potensi wisata edukasi TPA Pakusari layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: AI Azmi Siti Zulaikhah
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:24
Last Modified: 15 Nov 2023 06:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29468

Actions (login required)

View Item View Item