Upaya Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika melalui Media Loose Parts Cangkang Kerang pada Kelompok B 1 Di Tk Miftahul Huda Jenggawah Jember

Ulinnuha, Siti Zulfa (2023) Upaya Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika melalui Media Loose Parts Cangkang Kerang pada Kelompok B 1 Di Tk Miftahul Huda Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
siti zulfa ulinnuha_T20185018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Zulfa Ulinnuha, 2023: Upaya Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika melalui Media Loose Parts Cangkang Kerang pada Kelompok B 1 Di Tk Miftahul Huda Jenggawah Jember

Kecerdasan logika matematika anak pada kelompok B 1 pada awalnya hanya terfokus pada kemampuan berhitung dan mengenal bentuk geometri sederhana, sedangkan kemampuan anak dalam merancang dan berfikir kritis juga perlu dikembangkan dengan menggunakan media yang tepat. Dari banyaknya jenis media loose parts yang ada di sekolah, loose parts cangkang kerang yang berasal dari jenis bahan alam mampu mengembangkan kecerdasan logika matematika anak karena memiliki bentuk yang unik dan indah.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B1 di TK Miftahul Huda ? 2) Bagaimana langkah-langkah penggunaan media Loose parts cangkang kerang dalam upaya mengembangkan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B1 di TK Miftahul Huda?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeksripsikan bagaimana kemampuan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B1 di TK Miftahul Huda. 2) untuk mendeskripsikan bagaimana langkah-langkah penggunaan media Loose parts cangkang kerang dalam upaya mengembangkan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B1 di TK Miftahul Huda.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk pendalaman data yang disusun dengan cermat dan sistematis. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu jenis pendekatan fenomenologi yang mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verivikasi dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) kemampuan kecerdasan logika pada anak kelompok B 1 di TK Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah berupa kemampuan anak dalam berhitung sederhana 1-10, mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan ukuran 2) Upaya dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika melalui media Loose parts cangkang kerang pada anak kelompok B1 di TK Miftahul Huda, yaitu kegiatan: berhitung, mengelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran dan jenisnya, melakukan invitasi dengan media loose parts cangkang kerang, membuat karya secara berkelompok.
Kata Kunci: Kecerdasan logika matematika, Loose parts cangkang kerang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Zulfa Ulinnuha
Date Deposited: 15 Nov 2023 08:17
Last Modified: 15 Nov 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29469

Actions (login required)

View Item View Item