EFEKTIVITAS PENYALURAN DANA ZAKAT UNTUK KEBERLANGSUNGAN HIDUP JANDA TUA DHUAFA PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NURUL HAYAT CABANG JEMBER

Ilhaq, Santosa (2023) EFEKTIVITAS PENYALURAN DANA ZAKAT UNTUK KEBERLANGSUNGAN HIDUP JANDA TUA DHUAFA PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NURUL HAYAT CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi ilhaq wtrmrk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Santosa Ilhaq, Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si , 2023: Efektivitas Penyaluran Dana Zakat untuk Keberlangsungan Hidup JAnda Tua Dhuafa pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember.

Penyaluran dana zakat merupakan salah satu aspek dalam manajemen penyelenggaraan zakat. Dalam UU No. 23 Tahun 2011 mengenai Pengelolaan Zakat mengartikan manajemen penyelenggraan zakat sebagai tindakan perancangan, pengimplementasian dan pengoorganisasian dalam penghimpunan, penyaluran serta pendayagunaan zakat. Adapun tujuan dari manajemen penyelenggaraan zakat yaitu: 1). Menaikkan tingkat efektivitas serta kemampuan pelayanan dalam pengelolaan zakat. 2). Menciptakan kesejahteraan masyarakat serta dapat membantu masyarakat dari lingkaran kemiskinan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana penyaluran dana zakat untuk keberlangsungan janda tua dhuafa pada lembaga amil zakat nurul hayat cabang jember? 2. Bagaimana efektivitas penyaluran dana zakat untuk keberlangsungan janda tua dhuafa pada lembaga amil zakat nurul hayat cabang jember?
Tujuan dari penelitian ini: 1. Untuk mengetahui penyaluran dana zakat untuk keberlangsungan janda tua dhuafa pada lembaga amil zakat Nurul Hayat Jember. 2. Untuk mengetahui efektivitas penyaluran dana zakat untuk keberlangsungan janda tua dhuafa pada lembaga amil zakat Nurul Hayat Jember.
Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif partisipatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data skripsi ini menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Penyaluran Dana Zakat untuk Keberlangsungan Janda Tua Dhuafa pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember. Penyaluran dana zakat untuk keberlangsungan janda tua dhuafa (SAJADA) dilakukan melalui tiga tahapan yaitu menyalurkan kepada yang memang berhak mendapatkannya yaitu 8 asnaf. Selanjutnya dilakukan survei apakah penerima memang berhak untuk mendapatkan program bantuan SAJADA ini, setelah melakukan survei terakhir melakukan verifikasi data untuk mengetahui kelengkapan data dari penerima bantuan SAJADA ini. 2. Efektivitas Penyaluran Dana Zakat untuk Keberlangsungan Janda Tua Dhuafa pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Cabang Jember. Terdapat beberapa aspek dalam menentukan keefektivitasan dari suatu program. Aspek-aspek tersebut yaitu, yang pertama sasaran program, sosialisasi program, dan yang terakhir keberhasilan dari tujuan program tersebut.

Kata Kunci: Efektivitas, Dana Zakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Santosa Ilhaq
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:05
Last Modified: 16 Nov 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29473

Actions (login required)

View Item View Item