MUSAWIRU, ABDUL SYAKUR (2020) Manajemen Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar Al-Furqan Jember. Masters thesis, IAIN JEMBER.
Text
ABDUL SYAKUR MUSAWIRU_0849118049.pdf Download (14MB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Kurikulum Maraknya kompetitor antar lembaga pendidikan Islam swasta di Indonesia sangat ketat. Sekolah Dasar Al-Furqan Jember ikut serta hadir sebagai lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan kurikulum yaitu pengembangan kurikulum nuansa nilai-nilai keislaman dan displin ilmu sains yang telah diterjemahkan dalam bentuk visi sekolah yakni untuk mengwujudkan peserta didik bertakwa dan berprestasi. Pernyataan tersebut, dapat dibuktikan dengan programprogram pengembangan kurikulum berupa nilai-nilai keIslaman dan sains. Pengembangan kurikulum keIslaman terdapat program tartil, tahfidz, doa-doa harian dan turjuman Al-Qur’an. Sedangkan MIPA yang dikembangkan dengan adanya pembinaan-pembinaan kepada peserta didik. Hasil prestasi yang pernah diraih oleh Sekolah Dasar Al-Furqan diantaranya: juara 3 lomba MIPA OMSI 2019 mendapatkan mendali, juara 1 lomba sains cerdas cermat tangkas KSM 2019, juara harapan 1 lomba matematika KSM 2019, juara 1 lomba matematika spasi SMP Baitul Amin Competition 2019, juara 1 lomba matematika OLIMSATE 2020, juara 1 lomba sains OLIMSATE 2020, juara 1 lomba tahfidz The al-Qur’an Festival Darul Ulum Jombang 2019, juara 1 lomba tartil The al-Qur’an Festival Darul Ulum Jombang 2019 dan berbagai kejuaran lainya. Penelitian ini fokus pada: (1) Perencanaan dan penentuan tujuan pengembangan kurikukum di Sekolah Dasar Al-Furqan Jember (2) Pengorganisasian dan pelaksanaan pengembangan kurikukum di Sekolah Dasar AlFurqan Jember (3) Evaluasi pengembangan kurikukum di Sekolah Dasar Al-Furqan Jember. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan dan penentuan tujuan pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar Al-Furqan Jember, 2) Menganalisis dan mendeskripsikan pengorganisasian dan pelaksanaan pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar AlFurqan Jember, dan 3) Menganalisis dan mendeskripsikan evaluasi pengembanagan kurikulum di Sekolah Dasar Al-Furqan Jember. Penelitian ini menggunakan grand theory dari Tyler yaitu, 1) perencanaan dan penentuan tujuan kurikulum, 2) pengorganisasian dan pelaksanaan kurikulum, dan 3) evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Al-Furqan Jember . Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive yang dipadukan dengan snowbal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian diperiksa keabsahan data menggunakan metode v triangulasi sumber, metode dan teori serta perpanjangan waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dan penentuan tujuan pengembangan kurikulum di Sekolah Dasar Al-Furqan Jember terdiri dari: penentuan tujuan, penentuan desain kurikulum, dan program untuk mencapai tujuan, 2) Pengorganisasian dan pelaksanaan pengembangan kurikulum meliputi sistem koordinasi, pembagian tugas, struktur organisasi, dan pembuatan RPP. Metode yang digunakan meliputi talaqqi, ceramah, demontrasi, kelompok, praktik dan saintifik. Media yang digunakan adalah buku paket, LKS, Al-Qur’an, buku waqof Al-Ibtida’, dan alat peraga. 3) Evaluasi pengembangan kurikulum meliputi evaluasi kemampuan dasar, prestasi belajar, kepribadian, kualitas guru, sarana prasarana dan alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 03:14 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 03:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29483 |
Actions (login required)
View Item |