Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisison (STAD) pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di Madrasah Aliyah Hasyim Asy'ari Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Nur Elisa, Fitriani (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisison (STAD) pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di Madrasah Aliyah Hasyim Asy'ari Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siiddiq Jember.

[img] Text
nur elisa fitriani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran merupakan sesuatu yang harus di atasi oleh guru. Pemilihan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keefektifan belajar mengajar. Untuk mendapatkan suasana pembelajaran menyenangkan dan peserta didik yang aktif dan inovatif perlu adanya kreatifitas dalam pengajaran. Adapun kreatifitas yang dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran STAD.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X di MA Hasyim Asy’ari Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X di MA Hasyim Asy’ari Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?. 3) Bagaimanakah evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X di MA Hasyim Asy’ari Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X di MA Hasyim Asy’ari Tegaldlimo Banyuwangi. 2) Menganalisis dan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X. 3) Menganalisis dan mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas X di MA Hasyim Asy’ari Tegaldlimo Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yag terdiri dari Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) perencanaan pembelajaran dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan mempersiapkan penunjang pembelajaran seperti materi, pembagian kelompok, membuat kuis atau soal. 2) pelaksanaan model pembelajaran student team achievement division (STAD) menggunakan beberapa langkah yaitu kegiatan presentasi kelas, pembagian tim, kuis, skor kemajuan individual, rekognisi tim atau penghargaan tim. 3) evaluasi model pembelajaran (STAD) dengan ulangan harian. Dan untuk evaluasi akhir dari keseluruhan pembelajaran menggunakan PTS (Penilaian Tengah Pembelajaran) dan PAS (Penialaian Akhir Semester).
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur elisa fitriani
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:08
Last Modified: 16 Nov 2023 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29489

Actions (login required)

View Item View Item