Zakia Fais Nafa, Zakia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK MATA PELAJARAN IPA KELAS VI MATERI PUBERTAS MI NAHDLATUL UMMAH BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Zakia Fais Nafa T20194013.pdf Download (4MB) |
Abstract
Zakia Fais Nafa, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Big Book
Mata Pelajaran IPA Kelas VI Materi Pubertas
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Banyuwangi.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Big Book, Pubertas.
Untuk menanamkan kesadaran akan kesehatan tubuh terutama
organ reproduksi pada peserta didik dapat dilakukan dalam proses
pembelajaran. Rasa penasaran & keingintahuan yang tinggi mendorong
peserta didik mencari informasi secara bebas, hal ini memicu peserta
didik terpapar informasi bermuatan negatif disebabkan kemudahan akan
akses informasi yang begitu luasnya. Disinilah peran orang tua & guru
diperlukan.
Untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran, guru dapat
memanfaatkan media pembelajaran. Dari sekian banyak macam media
pembelajaran yang bisa dikembangankan salah satunya yakni media
pembelajaran berupa Big Book. Maka peneliti mengembangkan media
Big Book pada mata pelajaran IPA kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah
Nahdlatul Ummah Banyuwangi.
Tujuan penelitian pengembangan media pembelajaran
diantaranya yakni : 1) Menghasilkan produk berupa media
pembelajaran Big Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Madrasah
Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Banyuwangi, 2) mengetahui kelayakan
media pembelajaran Big Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ummah Banyuwangi.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and
Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan
kuantitatif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model
penelitian ADDIE dengan lima langkah pengembangannya yaitu : 1)
Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5)
Evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk yang dihasilkan
dari penelitian pengembangan ini yakni media pembelajaran berupa Big
Book yang memuat materi IPA kelas VI tentang “ciri-ciri pubertas”
sekaligus menyertakan materi tambahan seputar Pendidikan seks untuk
anak, (2) Hasil kelayakan Media pembelajaran Big Book didasarkan
pada penilaian dari uji validasi yang dilakukan oleh 3 validator, yaitu
validator materi, validator Bahasa dan validator media dengan hasil
rata-rata yang diperoleh yakni 84% dengan demikian media
pembelajaran Big Book dikategorikan valid atau layak dipergunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Zakia Fais Nafa |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 07:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 07:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29491 |
Actions (login required)
View Item |