Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Mandiri Santri Putri di Pondok Pesantren Hbibulloh Banyuwangi

Yuniar, Yolanda Bella (2023) Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Mandiri Santri Putri di Pondok Pesantren Hbibulloh Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YOLANDA BELLA YUNIAR_T20191206.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Pendidikan Pesantren, Karakter, Disiplin, Mandiri, Pondok Pesantren Habibulloh
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang diharapkan mempunyai andil yang besar dalam menciptakan generasi muda negeri ini yang berkarakter. Hal ini dikarenakan karakter pelajar saat ini sangat memprihatinkan. Adanya fenomena yang dilakukan oleh beberapa pelajar seperti kecanggihan mencontek, tawuran antar pelajar, dan kejadian-kejadian lain yang tidak mencerminkan perilaku seseorang yang terpelajar.
Fokus penelitan dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri putri melalui tahap pengetahuan di pondok pesantren Habibulloh Banyuwangi? 2) Bagaimana pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri putri melalui tahap pelaksanaan di pondok pesantren Habibulloh Banyuwangi? 3) Bagaimana pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri putri melalui tahap pembiasaan di pondok pesantren Habibulloh Banyuwangi? 4) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri putri di pondok pesantren Habibulloh Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penetapan subjek dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri putri pada tahap pengetahuan yaitu memberikan pengetahuan melalui metode ceramah dan keteladanan. 2) Pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri putri pada tahap pelaksanaan guru memberikan nasehat, peringatan, dan menegakkan hukuman bagi santri yang melakukan pelanggaran. Guru melatih santri untuk berani percaya diri, dan berani mengambil keputusan dengan memberikan dorongan, serta pemberian nasihat. 3) Pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri putri pada tahap pembiasaan dengan adanya pengulangan metode pada tahap sebelumnya dan metode pembiasaan melalui kegiatan dan tata-tertib yang ada di pondok pesantren Habibulloh. 4) Faktor Pendukung dalam proses pembentukan karakter disiplin dan mandiri santri yaitu adanya insting, dipengaruhi oleh tata tertib pondok pesantren, cuaca, dukungan keluarga, teman, dan pendidik di pondok pesantren. Faktor penghambat dalam pembentukan karakter santri diantaranya yaitu keadaan badan santri yang mudah lelah, bosan dan mengantuk dikarenakan struktur kegiatan yang padat dan jadwal kepulangan santri yang seminggu sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yolanda Bella Yuniar
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:03
Last Modified: 17 Nov 2023 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29492

Actions (login required)

View Item View Item