Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Kesebangunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Jember

Lohita, Putri Ayu Sindi (2023) Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Kesebangunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas IX MTs Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Ayu Sindi_T20197103.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Penalaran Proporsional, Menyelesaikan Masalah, Kesebangunan, Gaya Kognitif
Gaya kognitif siswa merupakan kebiasaan bertindak yang relatif tetap pada diri siswa dalam berpikir, mengingat, menerima dan mengubah informasi yang diperoleh. Dalam satu kelas tentunya gaya kognitif yang dimiliki setiap individu siswa berbeda-beda. Hal ini bisa mempengaruhi kemampuan penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah materi kesebangunan yang ditinjau dari gaya kognitif field dependent (FD). 2) Kemampuan penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah materi kesebangunan yang ditinjau dari gaya kognitif field independent (FI).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Jember pada kelas IX D dengan jumlah responden sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan sebanyak 4 subyek yakni 2 siswa dengan gaya kognitif FD berdasarkan kategori strongly FD dan slightly FD, 2 siswa dengan gaya kognitif FI berdasarkan kategori slightly FI dan strongly FI. Penentuan subyek dilakukan dengan melakukan tes GEFT (Group Embedded Figure Test), untuk pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk uji keabsahan data dilakukan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan penalaran proporsional siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah dapat melakukan setiap komponen penalaran proporsional, namun sedikit mengalami kesulitan saat memahami bentuk kesebangunan yang disajikan pada soal. Kemampuan penalaran proporsional siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dalam menyelesaikan masalah tidak mengalami kesulitan dan memenuhi semua komponen penalaran proporsional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI) memiliki kemampuan penalaran proporsional yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: putri ayu sindi lohita
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:43
Last Modified: 17 Nov 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29507

Actions (login required)

View Item View Item