PENGARUH LABEL HALAL, PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI OBATOBATAN PADA APOTEK DI KABUPATEN JEMBER

DAMAYANTI, SUAYROH TRI (2020) PENGARUH LABEL HALAL, PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI OBATOBATAN PADA APOTEK DI KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
SUAYROH TRI DAMAYANTI_0839217035.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pada pemasaran produk di Indonesia sebuah kehalalan merupakan hal yang sangat penting terutama mengenai makanan, hal itu dibuktikan oleh penelitian sebelumnya, sedangkan untuk penelitian pemasaran obat-obatan yang berkaitan dengan kehalalan belum peneliti temukan pada penelitian sebelumnya. Mengingat adanya fenomena beredarnya obat-obatan yang mengandung DNA babi, keberadaan label harusnya menjadi hal yang penting untuk dijadikan pertimbangan dalam setiap keputusan pembelian konsumen, karena obat-obatan sama halnya dengan makanan yang penggunaannya sama-sama dikonsumsi langsung oleh tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh label halal, promosi, kualitas pelayanan, citra merek, dan harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli obat-obatan pada Apotek di Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah konsumen yang membeli obat pada Apotek di Kabupaten Jember yang masuk dalam kategori populasi tidak terbatas (infinite). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, kuesioner dan studi literatur. Analisis yang digunakan yaitu analisi regresi linier berganda. Data diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik, multikolinieritas, heteroskedasitas dan normalitas. Uji Hipotesis menggunakan Uji parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji f) untuk mengukur seberapa jauh kemampuan model menerangkan viariasi variabel dependen menggunakan ujikoefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan nilai signifikansi (Sig). Pada label halal nilai probabilitas > α yaitu 0,326 > 0,05, maka tidak ada pengaruh signifikan antara label halal terhadap keputusan konsumen. Pada promosi nilai probabilitas > α yaitu 0,886 > 0,05, maka tidak ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap keputusan konsumen. Pada kualitas pelayanan didapatkan nilai probabilitas > α yaitu 0,002 < 0,05, maka ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen. Pada citra merek nilai probabilitas > α yaitu 0,000 < 0,05, maka ada pengaruh signifikan antara citra merek terhadap keputusan konsumen, dan pada harga nilai probabilitas > α yaitu 0,128 > 0,05,maka tidak ada pengaruh signifikan antara harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli obat-obatan pada apotek di kabupaten Jember. Kata Kunci: Label Halal, Promosi, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Harga, Keputusan Konsumen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:02
Last Modified: 17 Nov 2023 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29512

Actions (login required)

View Item View Item