Penerapan Kurikulum Taman Pendidikan Islam Al Quran Al Ghofilin 1 Talangsari Jember

Andani, Novia (2023) Penerapan Kurikulum Taman Pendidikan Islam Al Quran Al Ghofilin 1 Talangsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA ANDANI_T20191394.pdf

Download (6MB)

Abstract

Novia Andani, 2023: Penerapan Kurikulum di Taman Pendidikan Al-Qur’ani Al-Ghofilin 1 Talangsari Jember.
Kata Kunci: PenerapanKurikulum,Taman Pendidikan Al-Qur’an
Setiap lembaga pendidikan formal maupun nonfomal harus memiliki seperangkat program pembelajaran yang tersistem dan terencana sebelumnya untuk menjadi pedoman kegiatan pembelajaran. Termasuk taman pendidikan Al-Quran yang bertujuan mendidik santri untuk mampu membaca, menulis, menghafal dan mengamalkan kandungan Al-Quran.
Fokus penelitian: (1) Bagaimana tujuan pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 Talangsari Jember? (2) Bagaimana isi materi pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 Talangsari Jember? (3) Bagaimana metode pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 Talangsari Jember? (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1Talangsari Jember?.
Tujuan penelitianini untuk mendeskripsikan: (1) tujuan pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 Talangsari Jember. (2) isi materi pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 Talangsari Jember? (3) metode pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur‟anAl-Ghofilin 1 Talangsari Jember. (4) evaluasi pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 Talangsari Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. teknik subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawanacara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif Milles dan Huberman, yaitu Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan metode keabsahan data menggunakan triangulasisumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Tujuan pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur‟anAl-Ghofilin 1 yaitu untukmenanamkan kepada peserta didik keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt, mampu membaca, menulis, menghafal, berakhlakul karimah, dan mengembangkan kreativitas dan berwawasan luas terhadap agama Islam.(2) Isi materi pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur‟anAl-Ghofilin 1 yaitu materi inti meliputi materi membaca berupa materi jilid dan tajwid, materi menulis, materi menghafal,dan mengamalkan kandungan Al-Qur‟an.Sedangkan materi penunjang berupa praktik sholat, praktik wudhu‟, dan muatan lokal berupa tilawah dan marbelyang berisikanmateri sejarah Islam, materi fiqih, materi akidah akhlak, tilawah, permainan, dan berkreasi.(3) Metode pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 menggunakan metode Yanbu‟a dengan proses pembelajaran sholat berjamaah, do‟a pembuka, kegiatan pembelajaran dan doa penutup. (4) Evaluasi pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran Al-Ghofilin 1 yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan evaluasi belajartahap akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190102 Art History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novia Anda Novia Sanito
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:16
Last Modified: 28 Nov 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29514

Actions (login required)

View Item View Item