Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Jilbab Pakaian Wanita Muslimah Karya M. Quraish Shihab

Anis, Kholifatul Ummah (2023) Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Jilbab Pakaian Wanita Muslimah Karya M. Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
T20181194_ANIS KHOLIFATUL UMMAH.pdf

Download (20MB)

Abstract

Anis Kholifatul Ummah, 2023: Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Jilbab Pakaian Wanita Muslimah Karya M. Quraish Shihab.

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Jilbab Pakaian Wanita Muslimah.

Pendidikan Islam adalah suatu komponen penting dalam dunia pendidikan. Manusia membutuhkan bukan pengetahuan saja tetapi juga kekuatan spiritual keagamaan dengan tujuan ialah terciptanya manusia yang berakhlak mulia agar terbentuk manusia seutuhnya (insan kamil) sesuai dengan norma islam. Dari zaman ke zaman, berbagai media banyak disampaikan pendidik untuk menyebarkan pendidikan islam baik media elektronik maupun cetak salah satunya Buku Jilbab Pakaian Wanita Muslimah yang ditulis oleh M. Quraish Shihab. Di dalam buku tersebut menceritakan tentang jilbab menurut pendapat ulama masalalu dan ulama kontemporer yang sarat akan nilai-nilai pendidikan islam mulai dari akidah, dan syari’ah.
Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam aspek akidah dalam buku jilbab pakaian wanita muslimah karya M. Quraish Shihab? (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam aspek syariah dalam buku jilbab pakaian wanita muslimah karya M. Quraish Shihab? (3) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam aspek akhlak dalam buku jilbab pakaian wanita muslimah karya M. Quraish Shihab
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam aspek akidah dalam buku jilbab pakaian wanita muslimah karya M. Quraish Shihab. (2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam aspek syariah dalam buku jilbab pakaian wanita muslimah karya M. Quraish Shihab. (3) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam aspek akhlak dalam buku jilbab pakaian wanita muslimah karya M. Quraish Shihab
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Library Research atau studi pustaka. Dalam penelitian ini data-data didapatkan dari berbagai sumber seperti buku, referensi, buku-buku teks, jurnal ilmiah, majalah, surat kabar, dan sumber-sumber lainnya yang dapat menunjang penelitian ini. Analisis data yang digunakan berupa analisis isi (Conten Analiysis).
Hasil penelitian ini bahwa dalam buku jilbab pakaian wanita muslimah karya M. Quraish Shihab mengandung nilai-nilai pendidikan Islam: (1) Aspek akidah yang meliputi beriman kepada Allah, beriman kepada kitab-kitab Allah, beriman kepada rasul-rasul Allah. (2) Aspek syariah yang meliputi. Pakaian untuk beribadah, menutup aurat. (3) Aspek akhlak yaitu akhlak penerimaan, akhlak tasamu (toleransi), akhlak kebebasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Anis Kholifatul Ummah
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:55
Last Modified: 17 Nov 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29516

Actions (login required)

View Item View Item