Manajemen kurikulum berbasis dirasah islamiyah di madrastul mu'allimin wal mu'allimat (MMI/MMaI) pondok pesantren Baitul Arqom Balung Jember

Khairy, Ahmad Nor Kholes (2023) Manajemen kurikulum berbasis dirasah islamiyah di madrastul mu'allimin wal mu'allimat (MMI/MMaI) pondok pesantren Baitul Arqom Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Nor Kholes Khairy.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan program
pendidikan yang merinci tujuan, isi pembelajaran, metode pengajaran, evaluasi, serta sumber daya yang digunakan dalam proses pendidikan. Kurikulum memegang peranan penting dalam memberikan arah dan fokus pada proses pendidikan. Ini menjelaskan tujuan apa yang ingin dicapai melalui pendidikan, membantu merancang program belajar yang sesuai, dan menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yakni (1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Kurikum, (2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kurikulum, (3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Kurikulum Berbasis Dirasah Islamiyah di Madrasatul Mu’allimin Wal Mu’allimat Al-Islamiyah (MMI/MMaI) Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi dengan metode partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model model Miles, Huberman dan Saldana dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan Trianggulasi Teknik dan Trianggulasi Sumber.

Hasil penelitian menunjukkan, pertama Perencanaan Manajemen Kurikulum berdasarkan dengan visi misi yang telah dirumuskan oleh pemangku serta standar isi yang telah disesuaikan dengan kearifan lokal dan kebutuhan lingkungan dan santri, kedua Pelaksanaan Manajemen Kurikulum terdiri dari standar isi diadopsi dan dikembangkan dari Pondok Gontor, Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan pengamalan, pembiasaan, emosional, rasional, fungsional, dan keteladanan., metode pembelajaran menggunakan metode ceramah, tanya jawab, resitasi, diskusi, dan hafalan. Ketiga Evaluasi dilakukan secara mandiri dengan model soal uraian diawasi oleh 2-3 orang pengawas. Khsusus kelas akhir ada tambahan ujian praktek mengajar yang diawasi oleh 15-20 orang pengawa dan sebagai syarat lulus santri santri diwajibkan mengabdi selama satu tahun.

Manajemen kurikuum; Dirasah islamiyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Nor Kholes Khairy
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:18
Last Modified: 21 Nov 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29526

Actions (login required)

View Item View Item