Afriliya, Windy Tri (2023) Pemanfaatan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX DI Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
WINDY TRI AFRILIYA_T20191220..pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Power Point Interaktif, Minat Belajar,
Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 7 Jember
Media Power Point Interaktif adalah salah satu media pembelajaran yang
diterapkan dalam proses pembelajaran dalam membantu pendidik untuk
menyampaikan materi pembelajaran, sedangkan bagi peserta didik media
pembelajaran membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar karena media
power point interaktif memiliki tampilan yang menarik dan bervariasi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan
Pemanfaatan Media Power Point Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar
Siswa Dalam Pembelajaran PAI Kelas IX di SMPN 7 Jember, 2) Mendeskripsikan
Pelaksanaan Pemanfaatan Media Power Point Interaktif untuk Meningkatkan
Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Kelas IX di SMPN 7 Jember, 3)
Mendeskripsikan Evaluasi Pemanfaatan Media Power Point Interaktif untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas IX di SMPN 7
Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini di antaranya pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Perencanaan pemanfaatan media power
point interaktif guru merencanakan pembelajaran dengan menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang di dalamnya terdapat pemanfaatan media
power point interaktif, (2) Pelaksanaan pemanfaatan media power point interaktif
terdiri dari tiga langkah pembelajaran yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti yang
di dalamnya terdapat menyampaikan materi, menggunakan metode, menggunakan
media pembelajaran, mengelola kelas, membangun interaksi pembelajaran, dan
kegiatan penutup, (3) Evaluasi pemanfaatan media power point interaktif
menggunakan evaluasi keberhasilan pemanfaatan, evaluasi respon siswa dan
evaluasi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media |
Depositing User: | Windy Tri Afriliya |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 07:30 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 07:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29528 |
Actions (login required)
View Item |