Implementasi strategi pelayanan dalam peningkatan loyalitas nasabah di PT Pegadaian KC Jember

Riska, Sri (2023) Implementasi strategi pelayanan dalam peningkatan loyalitas nasabah di PT Pegadaian KC Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Sri Riska_E20181145.pdf

Download (12MB)

Abstract

Sri Riska, M. Daud Rhosyidy, SE., ME, 2023: Implementasi Strategi Pelayanan Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Di PT Pegadaian KC Jember.
Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Loyalitas, PT Pegadaian KC Jember
Saat ini globalisasi menyebabkan terjadi perubahan yang begitu cepat di dalam dunia bisnis, perubahan tersebut dilakukan agar tujuan organisasi dapat tetap bertahan dan bahkan dapat meningkatkan prestasi bisnisnya. Berbagai bidang perekonomian yang bersangkutan dengan keuangan menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Lembaga keuangan yang lebih berkaitan dengan pemenuhan dana yang digunakan untuk melakukan aktivitas produksi, merupakan sumber perekonomian di dunia modern saat ini.
Di era persaingan yang terjadi sekarang ini, banyak Pegadaian Swasta yang bermunculan sehingga bisa menjadi pesaing bagi PT Pegadaian (Persero) KC Jember. Apalagi Pegadaian Swasta menyuguhkan berbagai kemudahan dalam prosesnya sehingga eksitensi atau loyalitas nasabah yang sudah berlangganan di PT Pegadaian KC Jember maupun calon nasabah akan terpecah peminatnya. Apalagi masyarakat tidak ingin sulit dalam prosesnya. Sebagai salah satu contoh Pegadaian milik swasta yang ada di Indonesia yaitu Pusat Gadai Indonesia (GDI). Perusahaan ini merupakan unit usaha pegadaian swasta terbesar di Indonesia. Unit usaha ini menyuguhkan berbagai kemudahan bagi calon konsumennya dalam proses transaksinya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Strategi Pelayanan Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Di PT Pegadaian (Persero) KC Jember?, 2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Strategi Pelayanan Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Di PT Pegadaian (Persero) KC Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Strategi Pelayanan Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Di PT Pegadaian (Persero) KC Jember, 2) Untuk Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Strategi Pelayanan Dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Di PT Pegadaian (Pesero) KC Jember.
Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan menggambarkan semua data atau keadaan subjek atau objek penelitian, kemudian menganalisis data bersifat induktif dan menginterpretasikannya dengan menggambarkan dan mendeskripsikan langsung tentang implementasi strategi pelayanan dalam peningkatan loyalitas nasabah di PT Pegadaian KC Jember. Lokasi penelitian ialah di PT Pegadaian KC Jember yang beralamat di Jl. Samanhudin No.47, Tembaan, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Analisis data dari hasil pengumpulan data adalah tahapan yang penting dalam suatu kegiatan ilmiah. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode analisis deskripti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelayanan yang dilakukan PT Pegadaian KC Jember sesuai dengan budaya pelayanan prima yaitu, meningkatkan citra perusahaan, menciptakan kesan pertama yang baik, meningkatkan daya saing, meningkatkan loyalitas nasabah. Faktor pendukung dan penghambat pelayanan di dalam meningkatkan jumlah Nasabah PT Pegadaian KC Jember ternyata ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat PT Pegadaian KC Jember dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah PT Pegadaian KC Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Sri Riska
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:33
Last Modified: 17 Nov 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29535

Actions (login required)

View Item View Item