Pengaruh Penerapan Modul IPA Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Dengan Tema Eco-Brick Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 2 Tegaldlimo Banyuwangi

Khoiriyah, Sherila Roisatul (2023) Pengaruh Penerapan Modul IPA Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Dengan Tema Eco-Brick Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMPN 2 Tegaldlimo Banyuwangi. Diploma thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHERILA ROISATUL KHOIRIYAH_T201910026.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Modul IPA, SETS (Science, Environment, Technology, And Society), Sikap Peduli Lingkungan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap peduli lingkungan siswa di SMPN 2 Tegaldlimo Banyuwangi, faktor yang mempengaruhi rendahnya sikap peduli lingkungan siswa yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta banyak siswa yang kurang sadar akan kebersihan lingkungan dan kondisi lingkungan yang ada di sekolah seperti masih banyak siswa yang membuang sampah sembarangan. Salah satu alternatife yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan adanya penerapan Modul IPA Berbasis SETS yang dapat meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan kepada siswa.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : Apakah terdapat pengaruh penggunaan modul IPA berbasis SETS terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 2 Tegaldlimo Banyuwangi. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan modul IPA berbasis SETS terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 2 Tegaldlimo Banyuwangi.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan posttest only control group design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VII A yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T-Test. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil uji normalitas kelas kontrol sebesar 0,186 dan kelas eksperimen sebesar 0,255 maka data angket sikap peduli lingkungan bisa dikatakan normal dan hasil uji homogenitas sebesar 0,090 menunjukkan bahwa data angket sikap peduli lingkungan berdistribusi homogen maka selanjutnya dilakukan uji-t dengan hasil uji-t pada angket sikap peduli lingkungan siswa diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengaruh penggunaan modul IPA berbasis SETS (Science, Environment, Technology And Society) terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMPN 2 Tegaldlimo Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Sherila Roisatul Khoiriyah
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:40
Last Modified: 20 Nov 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29541

Actions (login required)

View Item View Item