Pengembangan ensiklopedia berbasis video animasi pada pembelajaran tematik kelas V di madrasah ibtidaiyah negeri (MIN) 2 Lumajang

Rosidawuri, Aulia Faradina (2023) Pengembangan ensiklopedia berbasis video animasi pada pembelajaran tematik kelas V di madrasah ibtidaiyah negeri (MIN) 2 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AULIA FARADINA ROSIDAWURI_T20194104.pdf

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu berupa alat, benda, lingkungan, manusia dan lain-lain yang dapat digunakan untuk menyampaikaninformasi atau pesan khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V di MIN2 Lumajang diperoleh informasi bahwa penggunaan proyektor di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lumajang kurang maksimal. Ketika kegiatan pembelajaran guru lebih sering menggunakan media gambar yang di pajang dikelas, buku ensiklopedia sederhana di perpustakaan dan menggambar secara langsung di papan tulis.

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menghasilkan produk ensiklopedia berbasis video animasi dalam pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 muatan IPA siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lumajang. 2) mengetauhi efektivitas penerapan ensiklopedia berbasis video animasi pada pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 muatan Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Lumajang.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian Research and Development dan menggunakan Model pengembangan ADDIE yang mempunyai lima tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, danahli pembelajaran. Untuk uji efektivitas yaitu menggunakan uji hasil pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar validasi, dan soal pretest dan posttest.

Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan: 1) pengembangan ensiklopedia berbasis video animasi sudah sesuai dengan teori yan digunakan peneliti. Berdasarkan hasil validasi produk yang dilakukan kepada 3 ahli diperoleh nilai rata-rat prosentase 92,2 % dari ahli media, memperoleh nilai rata-rata prosentase nilai 97,3% dari ahli materi dan nilai rata-rat prosentase 86% dari penilaian guru. Berdasarkan nilai yang diperoleh ensiklopedia berbasis video animasi layak untuk dikembangkan. 2)Hasil analisis keefektifan ensiklopedia berbasis video animasi ini diperoleh dari nilai hasil pretest dan postest siswa yang dihitung menggunkan N-Gain score. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata nilai pada saat pretest sebesar 50,6 dan rata-rata nilai pada saat posttest sebesar 91,8. Nilai N-Gain score diperoleh rata nilai 0,8 dan prosentase sebesar 84%. Berdasarkan klasifikasi nilai normalitas gain, nilai tersebut termasuk ke dalam kategori tinggi dan tafsiran prosentase termasuk kategori efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords:Ensiklopedia; Video Animasi; Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Aulia Faradina Rosidawuri
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:55
Last Modified: 20 Nov 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29544

Actions (login required)

View Item View Item