Pengembangan Bahan Ajar LKPD Digital Terimtegrasi dengan Ayat-ayat Al-Quran pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MA Madinatul Ulum Jenggawah Jember

Hidayatur Rahman, Aji (2023) Pengembangan Bahan Ajar LKPD Digital Terimtegrasi dengan Ayat-ayat Al-Quran pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MA Madinatul Ulum Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
Aji Hidayatur R_T20198020.pdf

Download (57MB)

Abstract

Kata Kunci : LKPD Digital, Integrasi ayat-ayat Al-Quran, Klasifikasi Makhluk Hidup.
Pembelajaran dimaknai sebagai proses interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Interaksi ini dilakukan manusia seperti hendak memperoleh, mengetahui, dan memahami pengetahuan serta pengalaman yang baru diketahuinya ataupun sudah diketahui sebelumnya. Pembelajaran biologi sangat berkaitan dengan lingkungan disekitar siswa, namun disisi lain minimnya pengetahuan siswa akan berdampak pada pemahamannya tentang pembelajaran biologi. Berdasarkan wawancara dengan guru biologi kelas X di MA Madinatul Ulum Jenggawah Jember permasalahan yang dihadapi yaitu kurangnya bahan ajar dan minimnya sumber belajar yang digunakan oleh siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkannya suatu bahan ajar yang menunjang siswa dalam proses belajarnya berupa LKPD Digital.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Kevalidan Bahan Ajar LKPD Digital Terintergrasi dengan Ayat-ayat Al-Qur'an pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MA Madinatul Ulum Jenggawah Jember, 2) Untuk mengetahui Kepraktisan Bahan Ajar LKPD Digital Terintergrasi dengan Ayat-ayat Al-Qur'an pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MA Madinatul Ulum Jenggawah Jember, 3) Untuk mengetahui Keefektifan Bahan Ajar LKPD Digital Terintergrasi dengan Ayat-ayat Al-Qur'an pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di MA Madinatul Ulum Jenggawah Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu : (1) Analisis, (2) Design, (3) Development, dan (4) Implementation (5) Evaluate. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Madinatul Ulum Jenggawah Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD Digital terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran memperoleh persentase penilaian dari ahli materi 1 dan 2 sebesar 83% dan 83% dengan kriteria valid, penilaian dari ahli media 1 dan 2 sebesar 91,76% dan 95,29% dengan kriteria sangat valid, penilaian dari ahli tafsir sebesar 100% dengan kriteria sangat valid, penilaian dari ahli bahasa sebesar 83% dengan kriteria valid, dan penilaian guru biologi sebesar 90,47% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil uji respon siswa terhadap LKPD digital didapatkan nilai persentase sebesar 87,703% untuk uji skala besar dan masuk pada kategori “sangat praktis”. (3) Hasil uji nilai pretest dan posttest menggunakan uji t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, dan hasil perolehan uji N-gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang, kesimpulannya LKPD digital terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Aji Hidayatur R
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:14
Last Modified: 22 Nov 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29548

Actions (login required)

View Item View Item