Pengembangan video animasi berbasis aplikasi animaker pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember

Juwita, Ike Ratna (2023) Pengembangan video animasi berbasis aplikasi animaker pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IKE RATNA JUWITA_T20194113.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa belajar dengan baik. Video animasi pembelajaran merupakan video animasi kartun yang dapat diisi oleh materi materipembelajaran dan dapat dijadikan media pembelajaran untuk sekolah dasar karena sifatnya yang menarik dan terkesan lucu dan cocok untuk anak sekolah dasar. Peranan media sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran merupakan bagian yang sangat menentukan efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian pengembangan video animasi ini dilakukan untuk mengembangkan video animasi agar dapat digunakan dalam berbagai materi terutama pada pembelajaran IPAS. Pada penelitian ini peneliti memilih materi Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia di kelas IV A SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Video animasi ini bisa digunakan untuk memperdalam pengetahuan peserta didik tentang Keragaman Sosial dan Budaya di Indonesia.

Dalam pengembangan video animasi ini memiliki beberapa rumusan masalah yang terdiri dari (1) Bagaimana desain Pengembangan Video Animasi Berbasis Aplikasi Animaker Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Baiturrohman GMI Jember?, (2) Bagaimana keefektifan Pengembangan Video Animasi Berbasis Aplikasi Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Baiturrohman GMI Jember?. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menghasilkan video animasi pada pembelajaran IPAS Kelas IV di SD Baiturrohman GMI Jember. (2) Untuk mengetahui keefektifan video animasi pada pembelajaran IPAS Kelas IV di SD Baiturrohman GMI Jember.

Pengembangan Video Animasi Kelas IV Berbasis Aplikasi Animaker Pada Pembelajaran Ilmu Pngetahuan Alam dan Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu (1) Analisys, (2) Development, (3) Design, (4) Implementation, (5) Evaluation, dan teknik pengumpulan data pengembangan ini yaitu Observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.

Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan jika (1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah video animasi, (2) Hasil keefektifan video animasi yang dihasilkan dari respon peserta didik serta hasil belajar yang diukur melalui pre-test dan post-test. Hasil keefektifan yang diketahui serta didapatkan menggunakan perhitungan N-Gain Score yang menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 73%.

Kata Kunci: Pengembangan Video Animasi; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Ike Ratna Juwita
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:57
Last Modified: 20 Nov 2023 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29549

Actions (login required)

View Item View Item