PENGARUH E-LEARNING MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Shofa, Data Yaumis (2021) PENGARUH E-LEARNING MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 8 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Data Yaumis Shofa_ T.20179026.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Menurut undangundang nomor 20 tahun 2003 tujuan pendidikan adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.2 Dalam seluruh kegiatan pendidikan, proses pembelajaran merupakan hal yang paling pokok, dalam proses pembelajaran ini guru dapat mengajar sekaligus mendidik muridnya. Pembelajaran merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh guru dan murid dengan menggunakan sumber dan media pembelajaran di suatu lingkungan belajar. Secara umum tolak ukur keberhasilan siswa dalam suatu proses pembelajaran diukur melalui nilai hasil belajarnya. 3 hasil belajar merupakan suatu hasil yang diperoleh ketika 2 Undang-undang RI No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka, 2008), 5. 3 Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21,(Bandung, Penerbit Alfabeta, 2018), 301. 2 seseorang telah melakukan proses belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka atau skor yang diperoleh melalui tes dari suatu mata pelajaran tertentu. Apabila seorang siswa memiliki hasil belajar yang sesuai dengan KKM yang ditentukan atau melebihi dari KKM maka siswa tersebut dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran. Apabila seorang siswa memiliki hasil belajar di bawah KKM maka siswa tersebut dapat dikatakan tidak berhasil dalam proses pembelajaran. Hasil belajar yang maksimal dapat diperoleh dengan mudah apabila para siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran, selain itu penggunaan setrategi pembelajaran, media pembelajaran, serta sumber belajar yang baik dan menarik maka akan dapat mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran. Saat ini dunia telah digemparkan dengan adanya kemunculan sebuah virus yang sangat berbahaya yang bernama Covid-19 atau virus corona, virus ini disinyalir mulai mewabah sejak tanggal 31 Desember 2019 di kota Wuhan Propinsi Hubei Tiongkok, saat ini menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia dengan sangat cepat, sehingga WHO tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pandemi global.4 Virus tersebut menyerang sistem pernafasan manusia, akibatnya korban yang terjangkit akan meraakan sesak nafas dan dapat berakibat fatal yaitu kematian. Covid-19 mmberikan dampak yang luar biasa dalam kehidupan manusia, seperti dalam bidang ekonomi, budaya, sosial, dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:06
Last Modified: 20 Nov 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29560

Actions (login required)

View Item View Item