PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Wulandari, Dewi Ayu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Ayu Wulandari T20198052.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan penguasaan sejumlah materi pembelajaran dimana siswa tidak sekedar mengenal, menghafal dan mengetahui saja, akan tetapi mampu mengungkapkan kembali konsep dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti dan difahami. Saat ini rendahnya pemahaman konsep siswa menjadi salah satu problematika yang harus ditemukan solusinya. Selain pemahaman konsep siswa, minat belajar juga menjadi masalah dalam proses pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran yang sesuai dirasa perlu untuk mengatasi hal tersebut. Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Video Animasi dirasa perlu karena dalam pelaksanaannya terdapat proses yang berujung pada meningkatnya pemahaman konsep dan minat belajar siswa.

Tujuan Penelitian ini yaitu:1) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Mendeskripsikan minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi pada materi sistem reproduksi terhadap pemahaman konsep siswa. 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi pada materi sistem reproduksi terhadap minat belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent Group Control Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan sampel sejumlah 68. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Z.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan data pemahaman konsep, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 71,62 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 64,71. Dalam hal ini rata-rata data hasil pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 2) Berdasarkan data minat belajar, kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata 57,74 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata 53,44. Dalam hal ini rata-rata data hasil minat belajar siswa kelas eskperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai signifikansi
0,019. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media video animasi terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci :Model Inkuiri Terbimbing, Video Animasi, Pemahaman Konsep, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069901 Forensic Biology
Depositing User: Dewi Ayu
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:15
Last Modified: 20 Nov 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item