ISTIGHOSAH DALAM PANDANGAN MASYARAKAT PONDOK PESANTREN (STUDI LIVING HADIS DI PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KEMUNINGSARILOR,PANTI-JEMBER)

RIKIYANTO, AHMAD (2022) ISTIGHOSAH DALAM PANDANGAN MASYARAKAT PONDOK PESANTREN (STUDI LIVING HADIS DI PONDOK PESANTREN NURUL ULUM KEMUNINGSARILOR,PANTI-JEMBER). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
AHMAD RIKIYANTO_U20172014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Istighosah, , Pondok Istighosah merupakan tradisi setiap hari Kamis dilaksanakan di Pesantren Nurul Ulum, tradisi tersebut sudah menjadi kegiatan wajib di Pesantren yang wajib dikuti oleh santri, tidak hanya santri namun masyarakat sekitar Pesantren pun ikut andil dalam melaksakan tradisi tersebut. Meski sudah menjadi kegiatan yang wajib di Pesantren setiap orang selalu memiliki alasan tersendiri dalam mengikuti tradisi tersebut. Pencarian motif dan tujuan menjadi daya tarik tersendiri menurut peneliti, sehingga peneliti mangambil judul Istighosah dalam perspektif hadis (Study Living Hadis Di Pondok Pesantren Nurul Ulum Desa Kemuningsarilor, Kecamatan Panti,Kabupaten Jember ) Adapun rumusan masalahnya antara lain: 1). Bagaimana resepsi masyarakat pondok pesantren terhadap hadis istighosah? 2). Apa faktor yang mempengaruhi ? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara: 1) observasi data. 2) interview kepada para subyek penelitian. 3) Dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan 1. Istighosah itu penting untuk dilakukan tetapi hukumnya sunah, manfaatnya sangat banyak dimudahkan rizkinya, lancar segala kegiatannya, 2. Istighotsah suatu kebutuhan manusia untuk melengkapi kehidupannya apalagi manusia banyak sekali keinginannya maka jalan yang tepat menuju kepada Allah. Malam Kamis adalah hari yang dipilih untuk kegiatan istighosah sebab kegiatan keagamaan sudah banyak pada hari jum’at apalagi malam kamis juga dibukanya pintu surga, hari kelahiran, diutus menjadi Rasul dan kematian, hari dimana amal diperiksa, hari yang dianjurkan oleh nabi, istighosah itu sendiri diikuti oleh santri dan juga masyarakat sekitar pondok pesantren diantara lansia, remaja, anak-anak, dan juga tokoh masyarakat juga ikut andil dalam istighosah itu sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:14
Last Modified: 20 Nov 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29576

Actions (login required)

View Item View Item