IMPLEMENTASI BISNIS MODEL CANVAS DALAM STRATEGI PENJUALAN MACARINA DI CV. MACARINDO BERKAH GROUP JEMBER

Rio Hosen Firmansyah, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (2023) IMPLEMENTASI BISNIS MODEL CANVAS DALAM STRATEGI PENJUALAN MACARINA DI CV. MACARINDO BERKAH GROUP JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rio Hosen Firmansyah_E20192102.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Bisnis Model Canvas, Strategi Penjualan
Berawal dari pelaku usaha yang cukup banyak mengakibatkan persaingan yang sangat tinggi tentunya memacu semangat pelaku usaha untuk lebih meningkatkan produktivitas maupun sistem yang telah dimiliki. Sehingga membutuh bisnis model agar dapat membantu dan mempermudah merangacang bisnis. Bisnis model canvas merupakan ranacangan bisnis yang dibuat pelaku usaha dengan menungkan gagasan dan inovasi dalam selembar kertas dengan menggambar sehingga dapat memetakan sembilan elemen yang terdapat didalamnya.
Fokus penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana implementasi Bisnis Model Canvas terhadap strategi penjualan Macarani Di CV. Macarindo Berkah Group Jember? 2. Bagaimana tantangan dan hambatan Bisnis Model Canvas terhadap perkembangan penjualan Macarina di CV. Macarindo Berkah Group Jember?
Tujuan dari penelitian ini: 1. Untuk mengetahui implementasi Bisnis Model Canvas terhadap strategi penjualan Macarani Di CV. Macar indo Berkah Group Jember. 2. Untuk mengetahui tantangan dan hambatan Bisnis Model Canvas terhadap perkembangan penjualan Macarina di CV. Macarindo Berkah Group Jember.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penedekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif sebagai studi kualitatif dasar dengan subyek penelitian menggunakan teknik snowball dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangakan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 Implementasi bisnis model canvas terhadap strategi penjualan Macarina di perusahaan Macarindo yaitu membantu, mepermudah, mengevaluasi serta dapat merancang model bisnis sesuai kebutuhan, serta terdapat sembilan elemen yang saling berkaitan. Adapun yang paling menonjol dalam proses penjualan produk Macarina terdapat pada elemen chennel, value propositions, dan customer relationships. 2. Terdapat tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Perusahan Macarindo dalam perkembangan penjualan produk Macarina. Tantangannya yaitu mencapai semua target yang telah dibuat dalam selembar kertas berupa bisnis model canvas. Sedangkan hambatanya terdapat dua faktor yaitu faktor internal meliputi masalah keuangan (modal) dan masalah pemasaran, serta faktor eksternal meliputi masalah sosial ekonomi dan masalah peraturan dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rio Hosen Firmansyah
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:43
Last Modified: 20 Nov 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29577

Actions (login required)

View Item View Item