Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Menggunakan Metode Stuktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember

Aqma, Sifanatul (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Menggunakan Metode Stuktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SIFANATUL AQMA T20194106.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurang optimalnya proses pembelajaran menjadi salah satu penyebab kurangnya kemampuan membaca siswa. Terdapat 3 faktor yang mempengaruhi kurangnya peningkatan kemampuan membaca siswa antara lain 1) learning loss atau kehilangan belajar. 2) kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dan 3) faktor dari orang tua yang kurang dalam mengajarkan membaca dengan baik. Ketiganya memiliki 1 akar masalah yaitu kurangnya interaksi pada proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan belajar membaca siswa. Dalam teori media pembelajaran, interaksi sangat penting baik itu interaksi antara guru dengan siswa atau orang tua dengan siswa.
Penelitian dan pengembangan media interaktif berbasis Website ini memiliki beberapa rumusan masalah antara lain 1) bagaimana kevalidan pengembangan media interaktif berbasis website dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik? 2) bagaimana kepraktisan media interaktif berbasis website dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik? . 3) bagaimana keefektiifan media interaktif berbasis website dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik? .
Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain 1) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan media interaktif berbasis website dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik 2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan media interaktif berbasis website dengan menggunakan metode struktural analitik sintetik 3)Untuk mengetahui keefektifan media interaktif berbasis website dengan menggunakan metode struktural analitik sistetik untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Baiturrohman Griya Mangli Indah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunaan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pebelajaran ADDIE dengan lima langkah pengembangan, yaitu; 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi.
Hasil penelitian dan pengembangan media interaktif berbasis Website dengan menggunakan model ADDIE telah memenuhi kriteria uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukan tingkat kevalidan sebesar 87,5%. Sedangkan kevalidan ahli materi sebesar 92,5% dan ahli pembelajaran sebesar 95%. Dari keseluruhan presentase oleh validasi para ahli yaitu 91,6%, maka dapat dihitung prosentase rata-rata sebesar dengan kualifikasi valid dan layak digunakan. Adapun hasil kepraktisan yang didapatkan dari hasil angket respon peserta didik menunjukan hasil 94,4% sehingga dikatakan praktis untuk digunakan. Dan untuk hasil keefektifan yang didapatkan dengan menggunakan perhitungan N-Gain Score menunjukan rata-rata peningkatan hasil peserta didik sebesar 74%.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Interaktif Website, Metode Struktural Analitik Sintetik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sifa natul Aqma
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:02
Last Modified: 21 Nov 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29581

Actions (login required)

View Item View Item