Penerapan metode talqin pada pembelajaran membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Warisin di Desa Karang Baru Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember

Maulida, Yuni Nur (2023) Penerapan metode talqin pada pembelajaran membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an Al Warisin di Desa Karang Baru Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Yuni Nur Maulida_T20191115.pdf

Download (16MB)

Abstract

Metode talqin adalah sebuah solusi yang ingin hafal ayat Al Quran tanpa didahului oleh kemahiran dalam membaca tulisan Al Quran.Sementara kemampuan dalam membaca Al Quran dengan baik dan benar merupakan dasar yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Penulis tertarik untuk mendukung efektivitas dalam pembelajaran membaca Al Quran dan mengambil penelitian dengan judul “Penerapan Metode Talqin Pada Pembelajaran Membaca Al Quran Al Warisin Di Taman Pendidikan Al Quran Di Desa Karang Baru Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode talqin pada pembelajaran membaca Al Quran di Taman Pendidikan Al Quran Al Warisin di Desa Karang Baru Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ? 2) Bagaimana hasil dari penerapan metode talqin pada pembelajaran membaca AlQuran di Taman Pendidikan Al Quran Al Warisin di Desa Karang Baru Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahuipenerapan metode talqin pada pembelajaran membaca AlQuran di Taman Pendidikan Al Quran Al-Warisin di Desa Karang Baru Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui hasil dari penerapan metode talqin pada pembelajaran membaca AlQuran di Taman Pendidikan Al Quran Al-Warisin di Desa Karang Baru Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatankualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini memperoleh hasil: 1)Penerapannya yang pertama pembukaansalam dan membaca doa sebelum belajar. Guru mendiktekkan bacaan Al Quran kepada santri, lalu santri menirukan bacaan persis seperti yang ditalqin, jika terdapat kesalahan guru segera mengoreksi. Pengulangan setaip penggalan. Menggabungkan semua penggalan ayat menjadi satu dan mengulanginya sebanyak 7 kali, kalimat yang dipenggal harus utuh dan memiliki kesatuan makna, dan dibaca tanpa lagu. 2)Hasil dari penerapan metode talqin pada pembelajaran membaca AlQuran yaitu anak-anak banyak yang hafalannya semakin bagus dan lancar, hafal lebih dari 1 surah juz 30 meskipun belum ada satu tahun. Dan sudah mencapai target hafalan yang ditentukan oleh yayasan. Untuk kemampuan hafalan santri sudah bagus, lancar dan sudah bisa memahami tajwidnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Yuni Nur Maulida
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:11
Last Modified: 22 Nov 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29586

Actions (login required)

View Item View Item