PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS OBSERVASI LAPANG DI ALAS PURWO PADA SUB MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN KELAS VII SMPN 2 TEGALDLIMO BANYUWANGI

Safitri, Alfina Nur (2023) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS OBSERVASI LAPANG DI ALAS PURWO PADA SUB MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN KELAS VII SMPN 2 TEGALDLIMO BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ALFINA NUR SAFITRI_T201910071_page-0001.pdf

Download (72MB)

Abstract

Berdasarkan hasil angket analisis masalah diketahui bahwa peserta didik SMPN 2 Tegaldlimo mengalami kesulitan dalam melakukan identifikasi dan pengelompokkan tumbuhan berdasarkan karakteristiknya. Hal ini disebabkan karena cakupan materi yang luas dan sulit, serta hasil observasi diketahui bahwa guru hanya menggunakan modul dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, juga diketahui bahwa guru belum menggunakan keadaan sekitar secara maksimal, padahal materi klasifikasi tumbuhan itu bersifat faktual dan konseptual. Pengembangan video interaktif berbasis observasi lapang di Alas Purwo dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA pada sub materi klasifikasi tumbuhan, sehingga kegiatan pembelajaran lebih konkret dan kontekstual.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana validitas Video Interaktif Berbasis Observasi Lapang Di Alas Purwo Pada Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan?.(2) Bagaimana respons peserta didik terhadap Video Interaktif Berbasis Observasi Lapang Di Alas Purwo Pada Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsiskan validitas video interaktif berbasis observasi lapang di Alas Purwo pada sub materi klasifikasi tumbuhan.(2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap video interaktif berbasis observasi lapang di Alas Purwo pada sub materi klasifikasi tumbuhan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang terbatas pada implementasi dikarenakan hanya melihat sampai uji respons peserta didik saja. Subjek penelitian terdiri dari validasi ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi/guru. Subjek uji respons skala kecil dilakukan oleh 6 peserta didik kelas VII B, dan skala besar dilakukan oleh 42 peserta didik kelas VII B SMPN 2 Tegaldlimo. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini memperoleh produk berupa video interaktif berisikan data tumbuhan yang ditemukan di TNAP pada sub materi klasifikasi tumbuhan dengan hasil (1) Hasil validasi dari ahli materi sebesar 98,3%, ahli media sebesar 95,7%, dan ahli praktisi sebesar 96,3% dengan kriteria sangat valid. Sehingga hal ini dapat dilanjutkan untuk uji respons. (2) Hasil uji respons skala kecil diperoleh sebesar 97% dengan kriteria sangat terbaca,sehingga dapat dilanjutkan untuk uji skala besar. Hasil uji respons skala besar diperoleh sebesar 89,2% sehingga video interaktif termasuk dalam kategori sangat menarik, sehingga video interaktif dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Video Interaktif, Klasifikasi Tumbuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060310 Plant Systematics and Taxonomy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Alfina Nur Safitri
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:05
Last Modified: 21 Nov 2023 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29587

Actions (login required)

View Item View Item