PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS FATHUR RAHMAN CURAHDAMI SUKORAMBI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

naim, ainun (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS FATHUR RAHMAN CURAHDAMI SUKORAMBI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AINUN NAIM ( T20191136 ) watermark perpus_compressed-compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ainun Naim, 2023: Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Comment dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran SKI di MTs Fathur Rahman Curahdami Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata kunci : Sejarah kebudayaan islam, Peningkatan minat belajar siswa, strategi pembelajaran poster comment.

Sejarah kebudayaan islam merupakan salah satu mata pelajaran yang biasanya berisi mengenai sejarah, baik dari perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat dalam mengajarkan dan mengembangkan agama islam hingga agama islam menjadi agama yang berkembang pesat hingga saat ini. Akan tetapi pada saat kegiatan pembelajaran sejarah kebudayaan islam banyak siswa yang merasa bosan, ada siswa yang mengobrol sendiri dengan temannya, dan ada yang tidak memperhatikan penjelasan guru. Hal tersebut karena rendahnya minat belajar yang ada pada diri siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sejarah
kebudayaan islam dan penggunaan strategi pembelajaran yang monoton. Hal ini dikuatkan dengan hasil angket minat yang dilakukan dalam penelitian ini pada tahap pra-siklus bahwasanya nilai rata-rata angket minat siswa yaitu 55%, siswa menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam terbilang rendah.
Minat belajar merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, karena dengan adanya minat maka siswa akan lebih bersemangat, merasa senang dan tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari uraian tersebut diperoleh suatu permasalahan yaitu: Apakah penerapan
stratregi pembelajaran poster comment bisa meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Fathur Rahman Jember? Dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebuah cara pemecahan
masalah yakni menerapkan stratregi pembelajaran poster comment dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah
kebudayaan islam melalui penerapan stratregi pembelajaran poster comment di MTs Fathur Rahman Jember tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan mixed methods. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 25 siswa. Hasil dari penelitian ini
berdasarkan hasil keseluruhan siswa kelas VII yang mengisi angket minat belajar pada tahap pra siklus mendapat hasil nilai rata-rata 55% siswa berminat pada pelajaran sejarah kebudayaan islam, dan pada tahap siklus I diperoleh nilai ratarata 65% siswa yang berminat mengikuti pelajaran sejarah kebudayaan islam, dan pada siklus yang ke II diperoleh nilai 80% siswa yang berminat mengikuti pelajaran sejarah kebudayaan islam. Nilai tersebut mengalami peningkatan dan
mencapai kategori tinggi dari interval yang sudah ditentukan oleh peneliti. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasanya penerapan stratregi pembelajaran poster comment pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dapat meningkatkan minnat belajar siswa kelas VII di MTs Fathur Rahman Jember tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN KHAS Ainun Naim
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:24
Last Modified: 21 Nov 2023 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29588

Actions (login required)

View Item View Item