PROGRAM EKSTRAKURIKULER MENTORING DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU IBNU SINA WULUHAN KABUPATEN JEMBER

MASKUROH, KHAFIDHOTUL JANNAH (2019) PROGRAM EKSTRAKURIKULER MENTORING DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU IBNU SINA WULUHAN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
KHAFIDHOTUL JANNAH MASKUROH_084 141 210.pdf

Download (24MB)

Abstract

Dalam mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang bermutu dan berkarakter, sebuah lembaga pendidikan harus memiliki kurikulum yang tersusun atas program kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun diluar kelas. Program ini dimaksudkan agar siswa tetap berpegang teguh pada ajaran keIslaman dan tidak mengikuti budaya Barat. Apalagi di sekolah mereka hanya memperoleh pelajaran PAI sebanyak 2 jam perminggu untuk KTSP dan 3 jam perminggu untuk K13. Hal ini dirasa kurang efektif dalam melakukan pembinaan karakter religius siswa jika hanya mengandalkan pelajaran PAI di sekolah saja. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan ekstrakurikuler yang didalamnya terdapat kegiatan-kegiatan keIslaman. Karena pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan di luar struktur program yang dilaksanakan di luar jam pelajaran biasa agar memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan program ekstrakurikuler mentoring dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana pelaksanaan program ekstrakurikuler mentoring dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan Kabupaten Jember?. 3) Bagaimana evaluasi program ekstrakurikuler mentoring dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan Kabupaten Jember? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan program ekstrakurikuler mentoring dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan dilakukan dengan merumuskan tujuan yang akan dicapai yang kemudian dilanjutkan dengan menyusun silabus mentoring.2) Pelaksanaan program ekstrakurikuler mentoring dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan terbagi kedalam tiga kegiatan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 3) Evaluasi program ekstrakurikuler mentoring dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan dilakukan dengan memantau perilaku siswa baik disekolah maupun dirumah. Pemantauan ini dilakukan dengan cara memantau secara langsung, mewajibkan siswa untuk memiliki buku Mutaba’ah sebagai evaluasi siswa dan menggunakan buku laporan (penghubung) kepada orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:23
Last Modified: 21 Nov 2023 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29594

Actions (login required)

View Item View Item