PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QIROATI DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ MINHAJUT THULLAB TANGGUL

Satuliono, Mr (2019) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QIROATI DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ MINHAJUT THULLAB TANGGUL. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
SATULIONO_084 148 028.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengajaran baca tulis Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipelajari oleh setiap orang Islam karena merupakan salah satu cara memahami Al-Qur’an dengan baik, dan ada kaitannya dengan ibadah ritual seperti shalat, haji, dan do’a. Dalam belajar membaca ataupun menulis AlQur’an tentunya tidak langsung bisa, akan tetapi harus melalui tahapan-tahapan. Maka dari itu, dalam pengajaran baca tulis Al-Qur’an juga diperlukan suatu metode yang praktis dan cepat. Metode Qiroati merupakan salah satu metode yang secara langsung tanpa dieja dan membiasakan membaca secara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Bagaimana efektifitas perencanaan penggunaan metode pengajaran Qiroati dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Minhajut Thullab Tanggul ? (2) Bagaimana efektifitas pelaksanaan penggunaan metode pengajaran Qiroati dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Minhajut Thullab Tanggul ? (3) Bagaimana efektifitas evaluasi penggunaan metode pengajaran Qiroati dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Minhajut Thullab Tanggul ? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan metode pengajaran Qiroati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di TPQ Minhajut Thullab Tanggul - Jember serta untuk mengetahui Usaha yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di TPQ Minhajut Thullab Tanggul - Jember. Adapun jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif karena dalam penjabarannya tidak menggunakan angka-angka (statistik). Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara langsung dengan kepala TPQ Minhajut Thullab Tanggul - Jember serta Ustadz/ustadzah yang mengajar di TPQ Minhajut Thullab Tanggul - Jember, observasi kelokasi penelitian, serta dokumentasi TPQ Minhajut Thullab Tanggul - Jember dan selanjutnya dilakukan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan Hal-hal yang direncanakan tersebut terdiri dari: menetukan tujuan pembelajaran pembentukan kelompok belajar menentukan jadwal piket harian tiap kelompok menentukan metode pembelajaran dan menentukan sumber belajar..Pelaksanaan penerapan metode Qiroati dapat di kelompokkan menjadi 5 P atau dalam bahasa pendidikan bisa disebut dengan metode quantum teaching. Dalam pembelajaran Qiroati yang menggunakan 5P telah sesuai dengan kegiatan pembelajaran seharusnya. Mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. TPQ Minhajut Thullab Tanggul Jember Jember dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca alQur’an siswa menggunakan metode Qiroati ini dengan tiga jenis evaluasi sebagaimana teori yang telah ada. Yaitu evaluasi harian yang diadakan setiap hari saat pembelajaran berlangsung, evaluasi kenaikan buku dilakukan pada setiap semester, dan evaluasi akhir (Munaqosah) dilakukan ketika siswa sudah meyelesaikan buku Qiroati 5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:41
Last Modified: 21 Nov 2023 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29595

Actions (login required)

View Item View Item