PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU RELIGIUS ANAK DI DUSUN KELAPA SAWIT DESA WONOSARI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN BONDOWOSO

HASANAH, UZAIMATUL (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU RELIGIUS ANAK DI DUSUN KELAPA SAWIT DESA WONOSARI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
UZAIMATUL HASANAH_084 121 341.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan pendidikan yang sangat dibutuhkan bagi anak, dimana hal tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak. Pemberian pendidikan, bimbingan, dan teladan bagi anak sangat dibutuhkan sebagai evaluasi dalam proses belajar agar anak terhindar dari kenakalan remaja seperti, mabuk-mabukan, narkoba, dan pergaulan bebas. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi in adalah: (1) Bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan perilaku religius anak di Dusun Kelapa Sawit Desa Wonosari Kec. Wonosari Kab. Bondowoso? (2) Apa saja hambatan orang tua dalam mengembangkan perilaku religius anak di Dusun Kelapa Sawit Desa Wonosari Kec. Wonosari Kab. Bondowoso?. Sedangkan penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan perilaku religius anak di Dusun Kelapa Sawit Desa Wonosari Kec. Wonosari Kab. Bondowoso? (2) untuk mendeskripsikan hambatan orang tua dalam mengembangkan perilaku religius anak di Dusun Kelapa Sawit Desa Wonosari Kec. Wonosari Kab. Bondowoso?. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi nonpartisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa di Dusun Kelapa Sawit terdapat beberapa peran yang orang tua lakukan yaitu (1) memberikan pendidikan keagamaan kepada anak dirumah, agar anak mampu melaksanakan perintah untuk beribadah kepada Allah dimanapun anak berada. Menjadi pembimbing bagi anak saat dirumah dalam kegiatan belajar ilmu agama dan ilmu umum, walaupun orang tua sibuk dalam bekerja. Menjadi teladan atau contoh yang baik dirumah dalam melakukan suatu kebaikan yang bisa ditiru oleh anak-anak, seperti melakukan kewajiban melaksanakan sholat tepat waktu dan memakai jilbab saat akan keluar rumah. (2) hambatan yang dirasakan oleh orang tua adalah lingkungan masyarakat yang kurang baik untuk anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:41
Last Modified: 21 Nov 2023 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29596

Actions (login required)

View Item View Item