Ayu Nur, Chasanah (2023) Pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen pencampuran warna pada kelompok A di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji. Achmad Siddiq Jember.
Text
Ayu Nur Chasanah_T20195044.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ayu Nur Chasanah, : Pengembangan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Pencampuran Warna pada Kelompok A di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2022/2023
Kata kunci: Kemampuan Sains, Eksperimen Pencampuran Warna, Anak Usia
Dini
Kemampuan sains merupakan kemampuan anak untuk mengamati, mengklasifikasikan, memberi kesimpulan, melakukan percobaan berupa eksperimen untuk mengenal, mempelajari, dan menguasai lingkungan alam sekitar. Pengembangan kemampuan sains khususnya anak usia dini sebagaimana yang dilakukan di RA Muslimat NU 02 telah menerapkan suatu pembelajaran melalui sebuah metode eksperimen pencampuran warna yang dapat mengembangkan pengetahuan anak terkait dengan alam sekitar utamanya yaitu mengenal macam-macam warna.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen pencampuran warna pada kelompok A di RA Muslima NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2022/2023? 2) Apa kendala dalam pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen pencampiran warna kelompok A di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2022/2023?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen pencampuran warna pada kelompok A di RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2022/2023 2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam pengembangan kemampuan sains melalui metode eskeprimen pencampuran warna pada RA Muslimat NU 02 Yosowilangun Kidul Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas Kelompok A, dan Wali Murid Kelompok A. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep Miles, Huberman dan Saldana kondensasi data (Data Condensation), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan (Verivication/Conclusion Drawing) data yaitu penyajian data (data display), reduksi data, verivikasi data/interprestasi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Pengembangan kemampuan sains anak yang ada di RA Muslimat NU 02 dikembangkan melalui metode demonstrasi, unjuk kerja, tanya jawab, dan eksperimen yang dilakukan melalui kegiatan pencampuran warna-warna primer dan sekunder 2) Kendala dalam pengembangan kemampuan sains anak di RA Muslimat NU 02 yaitu kurangnya rasa percaya diri, kelebihan dan kekurangan takaran pencampuran warna, sulit konsentasi, bermain sendiri dan asik mengobrol sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Ayu Nur Chasanah |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 06:58 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29607 |
Actions (login required)
View Item |