Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Layanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi

Rohim, Faidhur (2023) Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Layanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIDHUR ROHIM_T20193027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada era modernisasi dan digitalisasi telah merubah pola hidup dan pola kerja masyarakat di berbagai aspek, termasuk bidang pendidikan. Pendidikan harus diorientasikan pada peningkatan mutu pelayanan agar mendorong semangat belajar peserta didik dan menghasilkan output pendidikan yang bermutu. Dari hal tersebut,dengan pengetahuan lembaga pendidikan telah memunculkan konsep dan strategi baru dalam memberikan layanan pada pengguna jasa pendidikan. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem informasi manajemen (SIM) untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih efektif dan efisien.
Pada Fokus Penelitian peneliti meliputi tiga aspek diantaranya : 1) Bagaimana Perencanaan Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Layanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi? 2) Bagaimana Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Layanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi? 3) Bagaimana Evaluasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Layanan Administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi? Yang mana penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses perencaaan, pelaksanaan serta evaluasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan layanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian ini berupa fenomenologis dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dikerjakam mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian yaitu: 1) Perencanaan Sistem Informasi Manajemen dilakukan pada saat Rapat Kerja tepatnya pada awal tahun ajaran baru yang menghasilkan perencanaan sebagai berikut; Merumuskan Tujuan SIM, Menentukan Sasaran SIM, dan Menentukan Media/aplikasi SIM yang akan digunakan. 2) Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen yang meliputi; Proses implementasi SIM yaitu EMIS, SIMPATIKA, RDM, AMS dan SIMPLETECH. Proses pengelolaan data SIM Aplikasi Manajemen Surat (AMS) dan Proses pendistribusian data SIM pada Aplikasi Manajemen Surat (AMS). 3) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen berdasarkan penilaian yang berorientasi pada pengukuran tingkat kualitas sistem informasi manajemen meliputi; Akurasi data, Tepat waktu, dan Relevansi data serta faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan sistem informasi manajemen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FAIDHUR ROHIM
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:10
Last Modified: 21 Nov 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29610

Actions (login required)

View Item View Item