PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN SISWI DI SMA ISLAM AL – FATTAH BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Veronika, Vera (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN SISWI DI SMA ISLAM AL – FATTAH BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VERA VERONIKA T20191207..pdf

Download (3MB)

Abstract

Vera Veronika. Dosen Pembimbing : Dra. Hj. Siti Nurchayati, M.Pd.I.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Etika Berpakaian Siswi di SMA Islam Al – Fattah Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Etika Berpakaian Siswi

SMA Islam Al – Fattah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menekankan etika atau cara berpakaian bagi setiap siswa, karena hal tersebut merupakan salah satu tata tertib atau aturan yang berlaku di sekolah. Akan tetapi siswi-siswinya memiliki beragam cara berpakaian. Hal tersebut perlu pembinaan dari seorang guru PAI, karna guru PAI memiliki peran penting dalam membina etika berpakaian siswi diantanya yaitu peran guru PAI sebagai pendidik, motivator, model dan tauladan
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam membina etika berpakaian siswi di SMA Islam Al – Fattah Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membina etika berpakaian siswi di SMA Islam Al – Fattah Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam sebagai model dan teladan dalam membina etika berpakaian siswi di SMA Islam Al – Fattah Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023 ?
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles, Huberman, yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa : 1). Peran guru pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam membina etika berpakaian siswi di SMA Islam Al – Fattah yaitu dengan cara melakukan pengontrolan dan pendisiplinan siswi melalui pengecekkan seragam sebelum pembelajaran dimulai. Dan guru PAI di sana bertanggung jawab dalam membina etika berpakaian sisiwi dengan berperilaku sesuai dengan norma yang ada. 2). Peran guru pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membina etika berpakaian siswi di SMA Islam Al – Fattah yaitu memotivasi siswi berpakaian sopan dan Islami melalui beberapa cara yaitu menunjukkan kewajiban sebagai muslimah harus menutup aurat dan menunjukkan manfaat berpakaian Islami kepada siswi melalui metode ceramah singkat sebelum pembelajaran dimulai, memberikan sanksi kepada siswi yang melanggar aturan sekolah. 3). peran guru pendidikan Agama Islam sebagai model dan teladan dalam membina etika berpakaian siswi di SMA Islam Al – Fattah yaitu dengan cara menjadi suri tauladan yang baik dan memberikan contoh secara langsung kepada siswi serta menggunakan pakaian yang sesuai dengan adab berpakaian wanita menurut syari’at Islam, akan tetapi untuk permodelannya dicontohkan oleh ibu guru / ustażah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Vera Vera Veronika
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:40
Last Modified: 21 Nov 2023 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29611

Actions (login required)

View Item View Item