Pengembangan Media Poster Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Matematika Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah At Taqwa Bondowoso.

Musarrofah, Musarrofah (2023) Pengembangan Media Poster Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Matematika Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah At Taqwa Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Musarrofah_Skripsi watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas II Madrasah Ibtidaiyah At Taqwa Bondowoso bahwa media poster sebelumnya kurang menarik dan tidak dapat digunakan berulang kali. Sehingga peneliti memilih media poster berbasis Contextual Teaching and Learning yang dirancang berdasarkan kehidupan nyata peseta didik, interaktif, dan menarik, serta aplikatif. Peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam penggunaannnya untuk menanamkan ingatan yang kuat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses pengembangan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika kelas II di MI At Taqwa Bondowoso?, 2) bagaimana kelayakan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika kelas II di MI At Taqwa Bondowoso, 3) Bagaimana keefektifan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika kelas II di MI At Taqwa Bondowoso?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika kelas II di MI At Taqwa Bondowoso, 2) Untuk mengetahui kelayakan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika kelas II di MI At Taqwa Bondowoso, 3) Untuk mengetahui keefektifan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika kelas II di MI At Taqwa Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan mengacu pada model pengembangan Robert Maribe Branch yakni ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa media poster berbasis Contextual Teaching and Learning yang terdiri dari cover, materi, dan soal praktik. 2) Hasil Kelayaan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil persentase kevalidan rata-rata 96% dengan masing-masing perolehan skor ahli media sebesar 93%, ahli materi sebesar 98%, dan ahli pembelajaran sebesar 97%. 3) Hasil keefektifan media poster berbasis Contextual Teaching and Learning dinyatakan sangat menarik berdasarkan respon peserta didik dengan perolehan skor sebesar 90%. Dengan demikian media poster berbasis Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Musarrofah Musarrofah Musarrofah
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:46
Last Modified: 21 Nov 2023 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29613

Actions (login required)

View Item View Item