STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN DISTRO BIRU DAUN TERHADAP PENINGKATAN USAHA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Maleksander, M. Eko (2017) STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN DISTRO BIRU DAUN TERHADAP PENINGKATAN USAHA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
M. Eko Maleksander_083 122 067.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berbisnis merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam menjalankan dunia bisnis, tidaklah dapat terpisah dengan yang namanya pemasaran. Volume penjualan yang menguntungkan merupakan tujuan dari konsep pemasaran, untuk dapat meningkatkan volume penjualan, perusahaan harus dapat mempengaruhi konsumen dengan sarana 4P yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan distribusi (tempat). Sama halnya yang terjadi pada Distro Biru Daun yang terletak di Jl. Anggrek No 08 Jember, yang khusus menjual Kaoskaos yang desainnya menggunakan sesuatu yang khas daerah Jember, baik dari kata-kata maupun gambar pada Kaosnya, dan juga menerima pesanan kaos yang didisain sendiri oleh pemesannya (Custom Order Design). Distro Biru Daun yang mempunyai 20 karyawan ini selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya, hingga mengalami over load pada pemesanannya, serta menggunakan Media Sosial Instagram sebagai media promosinya. Fokus Penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Distro Biru Daun dalam meningkatkan usahanya melalui Media Sosial Instagram? 2) Bagaimana pandangan Etika Bisnis Islam terhadapa strategi pemasaran yang dilakukan Distro Biru Daun melalui Media Sosial Instagram? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran terhadap peningkatan usaha Distro Biru Daun melalui Media Sosial Instagram. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pandangan Etika Bisnis Islam terhadap strategi pemasaran yang dilakukan Distro Biru Daun melalui Media Sosial Instagram. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan),. Teknik sampel yang dipilih adalah purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu Deskriptif Kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan usahanya Distro Biru Daun telah mengunakan strategi pemasaran melalui Media Sosial Instagram, yang mana dalam strategi pemasarannya itu Distro Biru Daun telah menerapkan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam. Dilihat dari produk, desain yang digunakan baik dari kata-kata maupun gambarnya tidak melanggar Prinsip” Etika Bisnis Islam, untuk harga yang ditetapkan melihat dari bahan yang digunakan membuat harga sesusai dengan produk yang dihasilkan, dalam mempromosikan produknya, baik secara langsung maupun melalui Media Sosial Instagramnya. Distro Biru Daun menjelaskan dengan jujur mengenai bahan yang digunakan serta harga sesuai dengan yang dilebel, sehigga produsen dan konsumen sama-sama mengetahui tentang produk tersebut sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:27
Last Modified: 21 Nov 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29620

Actions (login required)

View Item View Item