Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Mahmudah Dalam Fillm “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” karya Angga Dwimas Sasongko.

Ninggar Sinta Dewantoro, Dara (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Mahmudah Dalam Fillm “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” karya Angga Dwimas Sasongko. Diploma thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi revisi DARA 2.pdf

Download (21MB)

Abstract

Berdasarkan yang telah dipaparkan pada penjelasan diatas, tujuan penelitian ini yakni: (1) Untuk mendeskripsikan kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak mahmudah terhadap diri sendiri dalam film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” karya Angga Dwimas Sasongko. (2) Untuk mendeskripsikan kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak mahmudah terhadap keluarga dalam film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” karya Angga Dwimas Sasongko. (3) Untuk mendeskrisikan kandungan nilai-nilai pendidikan akhlak mahmudah terhadap masyarakat dalam film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” karya Angga Dwimas Sasongko.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, berjenis library research atau penelitian kepustakaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika dengan pengumpulan data menggunakan dokumentasi pengambilan gambar adegan film yang terdapat nilai-nilai pendidikan islam serta diperkuat dengan data sekunder. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang dimana tekni ini merupakan metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif untuk memeriksa dan menetapkan validitas dengan menganalisa dari berbagai perspektif.
Hasil penelitian ini yakni film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” karya Angga Dwimas Sasongko mengandung nilai – nilai pendidikan akhlak mahmudah berikut, (1) Nilai-nilai akhlak mahmudah terhadap diri sendiri yang meliputi, sabar, syukur dan amanat. (2) Nilai-nilai akhlak mahmudah terhadap keluarga yang meliputi, birrul walidain (berbakti kepada orang tua), bersikap baik kepada saudara dan membina serta mendidik keluarga. (3) Nilai – nilai pendidikan akhlak mahmudah terhadap masyarakat yang meliputi, ta’awun (saling menolong) dan tawadhu’ (merendahkan diri terhadap sesama).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Dara Ninggar Sinta Dewantoro
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:04
Last Modified: 22 Nov 2023 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29625

Actions (login required)

View Item View Item